by

Yuk Kenali Perbedaan Warna Pada Paprika Serta Kegunaannya Berikut Ini!

Sebagian besar diantara Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan sayuran bernama paprika, meskipun bukan termasuk sayuran asli Indonesia, namun nyatanya sekarang ini bukan hal yang sulit untuk menjumpai paprika ini di pasaran. Bahkan Anda bisa menemukan beragam jenis paprika, mulai dari yang warnanya merah, hijau sampai dengan paprika kuning juga tersedia dan biasanya ia banyak dipakai untuk beragam jenis olahan.

Apa Itu Paprika?

Pada dasarnya paprika ini sendiri adalah tumbuhan penghasil buah yang rasanya manis dan sedikit pedas. Paprika ini sendiri sangat umum digunakan dalam olahan seperti salad dan beberapa jenis makanan khas barat yang lainnya. tanaman tersebut berasal dari Amerika Serikat, tepatnya adalah berasal dari Mexico hingga kemudian ia banyak dibawa ke Eropa di abad ke 16 oleh Christopher Columbus.

Jenis-jenis Paprika Berdasarkan Warnanya

  1. Paprika hijau, warna hijau dari paprika ini adalah karena ia dipetik ketika masih muda, ia juga banyak mengandung vitamin A hingga vitamin C. Hanya saja karena masih muda maka masih ada rasa pahit yang tersisa dari paprika yang satu ini.
  2. Paprika kuning, tingkat kematangan yang ada pada paprika ini cenderung lebih baik, sehingga warnanya sudah mulai berubah dari hijau menjadi kuning, rasanya juga lebih manis dengan tekstur lebih lembut.
  3. Paprika orange, lebih matang dibandingkan dengan paprika kuning, karena cukup mencolok maka tak jarang ia dipakai sebagai garnish untuk masakan agar tampil lebih cantik.
  4. Paprika merah, mungkin jenis yang paling sering Anda jumpai adalah paprika merah ini, warna merah menunjukkan bahwa paprika tersebut memiliki tingkat kematangan yang paling sempurna, sehingga dari segi rasanya juga paling manis seperti buah. Ia juga lebih kaya akan lutein dan zeaxanthin.
  5. Paprika ungu, jenis yang satu ini paling banyak dicari karena memang rasanya paling manis dibandingkan yang lain, warnanya juga menyerupai terong.

Kegunaan Paprika

Bagi Anda yang masih asing dengan sayuran yang satu ini mungkin juga akan bingung mengenai kegunaannya, berikut ini yang patut untuk diketahui, yaitu:

  1. Sebagai salad, pada dasarnya paprika memang banyak dipakai sebagai campuran salad sayur, apalagi bagi mereka yang tengah menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan, maka paling tepat menjadikan paprika ini sebagai salah satu hidangan.
  2. Garnish, umumnya untuk hidangan yang ada di hotel berbintang banyak diantaranya yang mengandalkan paprika ini untuk dijadikan sebagai garnish atau hiasan, apalagi dengan warna-warnanya yang cenderung mencolok, maka membuatnya bisa meningkatkan nilai estetika pada hidangan tersebut.
  3. Campuran untuk tumis daging, untuk beberapa jenis hidangan barat seperti diantaranya adalah daging sendiri, aneka tumis seperti daging sapi lada hitam ataupun sejenisnya juga akan menambahkan paprika kedalam hidangan tersebut agar menjadi lebih segar.

Meskipun bukan termasuk sayuran asli Indonesia, sekarang ini bukan hal yang sulit bagi Anda jika seandainya ingin membeli paprika ini di pasaran. Anda bisa mendapatkannya secara mudah hanya dari TaniHub. TaniHub ini menyediakan beragam jenis bahan pangan yang lengkap dari beragam kategori, mulai diantaranya adalah sayur, buah, daging, ikan, telur, sembako sampai dengan bumbu-bumbu dapur semuanya tersedia disini. Bahkan untuk kesegarannya sendiri juga dijamin karena memang didapatkan secara langsung dari para petani di Indonesia. Belanja lebih mudah bisa lewat aplikasinya secara langsung, dapat Anda download di Playstore maupun Appstore.

News Feed