Usaha Percetakan: Peluang serta Analisa Bisnis

Bisnis76 views

Bisnis dibidang percetakan memang tak banyak dibicarakan oleh orang-orang. Tak banyak yang berani menjalani bisnis ini, terutama karena minimnya modal dan kemampuan. Ada banyak orang yang beranggapan bahwa usaha percetakan pasti membutuhkan modal yang sangat besar.

Anggapan ini tidak sepenuhnya keliru. Karena percetakan digital dan offset pasti membutuhkan alat yang tidak murah. Tapi jika Anda punya modal, tak ada salahnya terjun ke dalam bisnis ini. Mengapa? Karena semakin hari ada semakin banyak orang yang membutuhkan jasa percetakan.

Usaha Percetakan Apa yang Cocok untuk Anda?

Lima jenis percetakan di atas tentunya membutuhkan modal yang berbeda-beda. Semakin canggih teknologi alat cetak yang digunakan, maka modal yang dibutuhkan juga semakin besar. Bahkan Anda bisa saja mengeluarkan uang ratusan juta rupiah. Sangat banyak sekali yang bisa kamu lakukan untuk menjalani sebuah usaha seperti contohnya percetakan map raport dan masih banyak yang lainnya

Tapi bisnis percetakan yang punya banyak segmen ini tetap bisa dilakukan oleh masyarakat yang memiliki modal terbatas. Bagaimana caranya? Pilihlah jenis bisnis percetakan sesuai dengan ketersediaan modal. Masalah kemampuan, Anda bisa ikut pelatihan singkat di berbagai lembaga.

Anda bisa menjalankan usaha di bidang percetakan sederhana hanya dari rumah. Tentunya Anda harus memilih membuka jasa percetakan ringan seperti kartu nama atau undangan. Percetakan sederhana ini hanya membutuhkan modal berupa komputer, printer warna, dan juga kertas.

Selain itu, Anda juga bisa menjalankan jasa cetak sablon dari rumah. Sablon manual membutuhkan modal yang sangat terjangkau. Harga tinta untuk sablon kain juga cukup murah. Yang Anda butuhkan hanya kesabaran dan kemampuan sablon yang bisa dipelajari secara otodidak.

Bagaimana Memulai Bisnis Percetakan Rumahan?

Percetakan rumahan bisa mendatangkan keuntungan yang besar jika Anda telaten menjalaninya. Tapi bukan berarti Anda bisa menjalankan usaha ini tanpa strategi yang tepat. Nah, apa saja strategi untuk memulai bisnis percetakan rumahan ini?

1. Tentukan Jenis Usaha

Ada beberapa jenis percetakan dengan kebutuhan alat yang berbeda. Untuk usaha rumahan, mulailah dari jasa cetak sederhana. Buka jasa cetak foto, undangan, kartu nama, dokumen, dan lain sebagainya. Alatnya cukup sederhana yaitu komputer, printer, dan juga kertas.

Jangan buru-buru ingin mendirikan jasa cetak offset atau digital printing. Karena 2 jenis percetakan ini membutuhkan modal yang sangat besar. Usaha ini juga tidak bisa dilakukan di rumah dengan ukuran sempit. Karena mesin cetaknya harus ditempatkan di ruangan khusus.

2. Pilih Alat yang Tepat

Jika Anda sudah memutuskan akan menjalani usaha percetakan yang mana, maka sekarang saatnya mempertimbangkan jenis alatnya. Misalnya jika Anda memutuskan membuka jasa cetak undangan, maka Anda butuh printer yang berkualitas.

Sebaiknya beli printer dengan harga lebih mahal sedikit. Printer dengan kualitas bagus biasanya tidak mudah rusak dan tintanya tidak bocor. Printer bagus juga bisa menghasilkan cetakan pada kertas yang lebih rapi, tajam, dan tidak blur.