by

Trik Dalam Mengambil Gambar dengan Kamera Secara Profesional

Mungkin diantara kita masih belum paham apa yang dimaksud dengan fotografi, kata ini diambil dari Bahasa inggris yaitu Photography dan kata ini juga berasal dari kata Yunani yaitu photos yang artinya Cahaya, sedangkan Grafo artinya Melukis atau menulis, dari gambaran di atas jelasnya adalah sebuah proses melukis atau menulis dengan cara menggunakan media cahaya. Istilah umum dari fotografi adalah proses ataupun metode agar menghasilkan gambar atau foto dari suatu objek dengan cara merekam pantulan cahaya yang kemudian mengenai objek tersebut pada media yang peka terhadap cahaya seperti kamera.

Untuk lebih jelasnya dibawah ini saya juga akan memberikan beberapa teknik dalam mengambil gambar atau foto dalam profesi fotografer, sehingga akan memudahkan kamu yang harus belajar.

Teknik-teknik fotografi yang biasa digunakan

Teknik Zooming

Teknik zooming merupakan sebuah Teknik yang membuat objek utama akan terlihat jelas, sedangkan pada background terlihat kabur atau blur. Teknik ini memiliki fungsi untuk mempertegas objek serta membuatnya semakin mencolok. Kemudian perubahan panjang fokus hanya bisa dilakukan dengan bantuan lensa zoom, pengaturan yang pas adalah gunakan kecepatan rana tidak lebih dari 1/30 detik dengan tujuan untuk menghasilkan kesan gerak, sebaiknya pakailah tripod.

Teknik Panning

Dalam teknik ini untuk objek yang bergerak akan terlihat tajam, sedangkan untuk background yang diam justru terlihat akan kabur.  Teknik ini harus mengikuti objek ketika membidik, agar bisa mendapatkan foto secara maksimal pangaturannya gunakan speed yang rendah sekitar 8-60 dan jangan lupa pakai tripod.

Teknik Freezing

Teknik ini adalah salah satu teknik memotret benda bergerak yang menggunakan kecepatan tinggi bahkan sangat tinggi. Sehingga teknik ini seolah-olah akan membekukan gerakan benda tersebut. Kemudian hasil dari teknik ini berupa objek yang terlihat tajam saat objek sedang bergerak.

Teknik Macro

Pada teknik foto macro merupakan sebuah teknik memotret dengan jarak yang sangat dekat, sehingga objek akan terlihat sangat besar, teknik ini juga umumnya menggunakan teknik jenis macro.

Teknik Siluet

Teknik Siluet adalah sebuah teknik yang menghasilkan bayangan. Seperti namanya foto siluet hanya berbentuk bayangan. Teknik Siluet merupakan objek yang akan menutupi cahaya sehingga objek akan diterangi dari belakang secara total. Pada teknik ini juga memiliki aturan dasar dari foto siluet yakni objek harus benar-benar terlihat hitam. Sehingga tidak ada berkas cahaya pun yang bisa menerobos masuk ke objek.

Teknik Bulb

Tekni ini merupakan teknik dalam mengatur kecepatan rana, sehingga dapat diatur sesuai dengan waktu yang kita inginkan, agar bisa tepat perlu dilakukan dengan menahan tombol pelepas rana dengan waktu lebih lama, dan bisa digunakan kabel release dan tripod agar hasil lebih baik.

Field of View

Teknik Field of view adalah pengaturan komposisi umum yang dilihat dari ukuran jarak lensa ke objek. Ini memiliki arti bahwa sebuah objek bisa dipotret dengan jarak yang dekat, sangat dekat, jauh ataupun sangat jauh.

Bagaimana kamu sudah paham mengenai teknik yang sering digunakan saat memotret di sebuah kamera, jika sudah alangkah baiknya kamu langsung melakukan praktek, namun untuk kamu yang tidak memiliki kamera tapi ingin juga memiliki hasil foto yang bagus kamu bisa menggunakan jasa fotografer yang ada di studio pelangi di sini kamu biaa mendapatkan semua jenis foto yang kamu inginkan karena fotografer yang diberikan juga sudah berpengalaman dan sangat bisa diandalkan.

News Feed