by

Tips Memilih Gadai Sertifikat Rumah Perorangan yang Aman

Ketika Anda akan meminjam dana ada banyak sekali pilihan tempat yang ada dan bisa dipilih sehingga mendapatkan keuntungan peminjaman tersebut. Misalnya saja untuk pertimbangan penting pertama ketika meminjam dana adalah dari tempatnya yang menawarkan jasa peminjaman mulai dari pinjaman di perbankan, koperasi, pegadaian, pinjaman online, hingga pinjaman di perorangan. Meminjam dana di perbankan pada umumnya dikenal mempunyai keamanan terbaik, sehingga mempunyai banyak nasabah dan masyarakat mengajukan pinjaman yang dibutuhkan lewat perbankan. Sedangkan untuk tempat pinjaman yang paling banyak dihindari adalah di perorangan yang bisa digunakan tanpa jaminan maupun menggunakan jaminan seperti sertifikat rumah. Anda bisa menggunakan gadai sertifikat rumah perorangan ketika terdesak untuk mendapatkan dana cepat, tetapi juga penting untuk tetap memilih tempat pinjaman dana perorangan yang aman. Adapun beberapa tips aman yang dapat digunakan untuk meminjam dana di perorangan adalah:

  • Bisa memilih orang yang sudah dikenal

Hal pertama yang perlu diperhatikan ketika ingin meminjam di perorangan dengan jaminan sertifikat rumah yang dimiliki sehingga akan lebih aman adalah dengan memilih orang yang sudah dikenal. Anda bisa memilih orang terdekat yang sudah familiar sehingga bisa Anda lebih percaya dan juga menaruh kepercayaan kepada Anda sebagai peminjam. Oleh karena itulah untuk menghindari kerugian Anda bisa mengambil pinjaman dari sahabat, keluarga dekat, dan juga kolega yang sudah akrab.

  • Hindari lintah darat

Hal lainnya yang penting untuk mendapatkan pinjaman yang aman adalah dengan menghindari lintah darah. Rentenir pada umumnya menjadi jalan keluar terakhir ketika Anda membutuhkan uang. Terutama apabila Anda menggunakan aset seperti sertifikat rumah, maka akan lebih baik untuk menghindari tempat yang dapat menimbulkan kerugian dan juga sudah mendapatkan reputasi jelek di masyarakat seperti lintah darah. Hindari tempat peminjaman ini karena nantinya rentenir cenderung menawarkan bunga besar yang tidak masuk akal, sehingga membuat pengambil pinjaman tidak bisa membayar dan jaminan yang diberikan akan hangus.

  • Pastikan bahwa orang yang dituju mempunyai jumlah pinjaman yang diinginkan

Apabila ingin mengambil pinjaman di perorangan juga pastikan bahwa orang tersebut mempunyai jumlah uang yang Anda butuhkan. Oleh karena itulah sebelum memilih orang yang Anda percaya, maka bisa untuk membuat daftar atau list terlebih dahulu untuk pemberi pinjaman potensial. Dimana daftar tersebut adalah teman atau keluarga yang sekiranya mempunyai jumlah dana yang Anda ingin pinjam dan mempunyai kesempatan besar untuk menerima pengajuan pinjaman yang Anda tawarkan.

  • Jelaskan dengan rinci mengenai pembayaran

Ketika Anda akan meminjam nantinya juga membutuhkan untuk memberikan pemberi pinjaman ketenangan dan kepercayaan. Karena merupakan anggota keluarga sendiri atau teman dekat, maka biasanya akan banyak yang merasa tidak enak sehingga tidak banyak tanya. Sebagai peminjam Anda bisa mengambil inisiatif dengan menyinggung mengenai detail pinjaman secara rinci mulai dari besarnya cicilan yang akan diberikan, bunga yang diberikan, dan juga kapan bisa melunasi pinjaman tersebut.

  • Lakukan perjanjian hitam di atas putih

Hal terakhir yang bisa Anda lakukan ketika gadai sertifikat rumah perorangan agar lebih aman dan melindungi kedua belah pihak adalah dengan melakukan perjanjian hitam di atas putih. Pastikan untuk mempunyai surat tertulis mengenai detail pinjaman tersebut mulai dari jaminan yang diberikan, nilainya, besarnya pinjaman yang diberikan, besar cicilan pembayaran, hingga lamanya pembayaran. Sehingga dengan adanya surat tertulis tersebut akan dapat melindungi tidak saja pemberi pinjaman tetapi Anda pengambil pinjaman.

News Feed