by

Tips Memilih Air Minum Berkualitas

Sehari-hari, tubuh memerlukan air karena setidaknya 60% anggota tubuh memerlukan air, karena itu minum air putih secara rutin setiap hari sangat disarankan. Selain agar fungsi organ tubuh bekerja dengan baik, minum air putih juga mampu membersihkan racun dari dalam tubuh dengan mengeluarkannya melalui keringat, atau juga dari kotoran seperti urine. Keringat yang beraroma tidak sedap, atau warna urine yang pekat bisa jadi karena kurangnya minum air putih. Dimana fungsi lainnya juga dapat membuat kulit tetap lembab dan tampak lebih muda.

Namun tidak semua air minum memiliki khasiat dan fungsi yang sama. Air minum berkualitas sendiri haruslah memiliki manfaat untuk tubuh, seperti air minum yang berasal dari mata air pegunungan. Air minum dengan sumber mata air pegunungan setidaknya memiliki mineral-mineral yang dibutuhkan oleh tubuh seperti menjaga kesehatan tulang, menstabilkan tekanan darah, hingga merawat kesehatan pencernaan. Namun untuk mendapatkan manfaat tersebut, setidaknya air mineral dapat melakukannya karena kandungan mineral di dalamnya mayoritas berfungsi untuk merawat dan menjaga kinerja organ tubuh seperti kalsium, kalium, magnesium, hingga silika. Maka dari itu air mineral merupakan salah satu air minum berkualitas yang dapat dikonsumsi oleh tubuh secara rutin.

Namun tahukah kamu dasar sebagai air minum berkualitas yang dapat dikonsumsi itu apa saja? Dilansir dari doktersehat.com[1], berikut tips dalam menentukan air minum berkualitas dalam menemani rutinitas Anda :

  1. Air Tanpa Rasa

Hal pertama dalam memilih air minum berkualitas adalah air tersebut tidak memiliki rasa, karena jika air tersebut memiliki rasa, bisa jadi air tersebut mengandung zat organik atau bakteri yang dapat membahayakan tubuh. Maka dari itu, pastikan air minum Anda tidak terdapat rasa sebagai air minum yang berkualitas.

  1. Air Tanpa Bau

Tips kedua dalam memilih air minum berkualitas adalah air minum Anda tidak memiliki aroma atau tidak bau. Kemungkinan besar jika air minum memiliki aroma atau bau, air tersebut tercemar limbah atau sistem sanitasi.

  1. Air Tanpa Warna

Tips selanjutnya dalam memilih air minum berkualitas adalah air tersebut tidak memiliki warna atau jernih. Jika air terdapat warna atau keruh, kemungkinan besar air tersebut telah tercemar melalui buangan limbah atau sistem sanitasi yang kotor sehingga membahayakan jika dikonsumsi tubuh, dan tidak mungkin menjadi air minum berkualitas.

  1. Suhu air

Perhatikan suhu air minum Anda, jangan letakkan air minum Anda pada tempat yang terkena sinar matahari secara langsung dalam waktu yang lama. Atau jika memang tidak terhindarkan, perhatikan bentuk air minum Anda. Jika ada perubahan baik dari warna, rasa, maupun aroma, besar kemungkinan air Anda bukanlah air minum berkualitas yang bahkan cenderung berbahaya untuk tubuh karena kandungan yang tidak baik terdapat pada air tersebut.

  1. TDS atau Jumlah Zat Padat Terlarut (Total Dissolved Solids)

Jumlah zat padat terlarut atau Total Dissolved Solids (TDS) merupakan bahan padat yang tertinggal sebagai residu pada penguapan dan pengeringan pada suhu 103°C-105°C dalam portable water kebanyakan bahan bakar terdapat dalam bentuk terlarut yang terdiri dari garam anorganik selain itu juga gas-gas yang terlarut.

Namun hal ini lebih sulit dilakukan karena tidak semua orang dapat melakukan uji coba tersebut. Namun setidaknya, ada baiknya Anda mengenali proses terbentuknya air minum yang Anda gunakan.

Seperti AQUA yang sampai saat ini memiliki 17 sumber mata air pegunungan yang tersebar dari Sabang hingga Merauke agar mempermudah AQUA menyebarkan kebaikan alam di setiap tetesnya. Sumber-sumber mata air tersebut juga sebelumnya telah menjalani proses riset selama 1 tahun untuk memutuskan suatu sumber mata air pegunungan tersebut dapat menjadi sumber air minum berkualitas AQUA dengan melewati kriteria dan syarat yang telah dirangkum oleh parah ahli yang juga dibantu para ahli dari universitas-universitas terkemuka di Indonesia[2]. AQUA juga terpercaya lebih dari 45 tahun menghadirkan kesehatan dari tiap tetes air mineral gunung vulkanis. Selain segar, beragam kandungan baik seperti magnesium, kalsium, zinc, silika, dan zat lainnya mampu menyehatkan organ tubuh. Mineral yang terkandung di dalam AQUA juga merupakan mineral yang terlindungi, karena AQUA melindungi ekosistem di sekitar sumber air dan sumber air itu sendiri.

Jadi, jangan ragu menyiapkan AQUA untuk menemani segala aktivitas Anda sebagai air minum berkualitas.

Referensi :

  1. https://doktersehat.com/ciri-ciri-kualitas-air-yang-baik/
  2. https://www.sehataqua.co.id/begini-cara-memastikan-aqua-berasal-dari-mata-air-terbaik

News Feed