by

Tips Hemat Biaya Hidup Buat Kamu Yang Kuliah Di Luar Negeri

Bila kamu telah memutuskan untuk kuliah di luar negeri, banyak hal yang harus dipertimbangkan. Bukan hanya mengenai seberapa besar biaya kuliah yang akan dikeluarkan, namun ada satu hal yang sama pentingnya yaitu besaran biaya hidup yang harus orang tua kamu keluarkan selama kamu di luar negeri.

Tapi kamu jangan  khawatir terjebak akan kehidupan yang boros, kamu dapat terapkan  tips berikut untuk hemat biaya hidup sehari-hari  selama kamu kuliah di negeri orang.

  1. Pilih Sewa Tempat Tinggal Di Lokasi Sekitar Kampus

Biaya transportasi dari tempat kamu tinggal menuju kampus jadi salah satu biaya yang cukup banyak dikeluarkan para mahasiswa di luar negeri. Dengan kamu memilih sewa tempat tinggal di dekat  kampus tentu akan menghemat biaya hidup.

Kamu  bisa sewa apartemen yang murah di dekat kampus, jadi kamu hanya perlu jalan kaki atau menggunakan sepeda untuk menuju kampus. Dengan begitu kamu tidak usah mengeluarkan biaya transportasi sepeserpun. Hemat bukan?

  1. Usahakan Untuk Masak Sendiri, Jangan Biasakan Makan Di Luar Atau Beli Makanan Jadi

Jangankan di luar negeri di negeri sendiri saja tentunya kamu tahu dong biaya makan di luar  atau membeli makanan yang sudah jadi itu lebih boros dibanding dengan kamu masak sendiri makanan kamu.

Tidak bisa masak jangan kamu buat alasan untuk malas masak sendiri. Kalau kamu memang berniat untuk berhemat, banyak cara buat belajar memasak salah satunya lewat internet.

Dengan begitu kamu akan menghemat biaya hidup sebulan buat makan kamu  selama kuliah di luar negeri. Kamu cukup membeli bahan-bahan mentah yang hendak kamu masak, dan  tentunya harganya jauh lebih murah dibanding makanan yang sudah jadi.

  1. Belanja Saat Pasar Tradisional Menjelang Tutup

Saat kamu hendak belanja bahan-bahan mentah yang hendak kamu masak, sebaiknya kamu belanja saat pasar tradisional menjelang tutup. Biasanya saat menjelang tutup itu para pedagang menawarkan harga yang murah. namun terkadang resikonya barang-barang yang kita cari jadi tidak lengkap.

Tapi untuk bahan masakan standar biasanya untuk jenis sayuran dan bahan lainnya masih tersedia.

  1. Manfaatkan Fasilitas Gratis Di Kampus

Bila kampus kamu menyediakan fasilitas gratis seperti Wifi buat menunjang akses internet, kamu bisa memanfaatkannya. Jadi kamu tak perlu mengeluarkan banyak kuota untuk akses internet. Tentunya hal ini akan menghemat pengeluaran budget kamu buat membeli kuota.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan perpustakaan kampus untuk membaca dan mencari buku pelajaran yang kamu butuhkan. Jadi kamu tidak perlu membeli buku, pastinya ini akan lebih hemat bukan?

Tak hanya kedua fasilitas tersebut yang bisa kamu manfaatkan, tentunya setiap kampus memiliki fasilitas lainnya misalnya laboratorium komputer, tempat olahraga, dan sebagainya yang dapat dimanfaatkan untuk agar menghemat biaya hidup anak kuliah seperti kamu.

  1. Jangan Kebanyakan Jalan-jalan

Manfaatkanlah waktu sebaik mungkin selama kamu kuliah di luar negeri, saat libur akhir pekan kamu tak harus selalu menghabiskannya dengan jalan-jalan bersama teman kamu.

Saat libur kamu bisa gunakan waktu untuk membersihkan dan membereskan tempat tinggal/kamar kamu, menonton film kesukaan, atau belajar.

Sesekali boleh saja berjalan-jalan ke tempat menarik untuk menghilangkan kejenuhan atau menyegarkan pikiran kamu. Tapi ingat jangan terlalu sering ya, ini demi menghemat biaya hidup kamu di luar negeri

Dengan menerapkan biaya hidup hemat seperti di atas kamu bisa lebih tenang kuliah tanpa khawatir kehabisan biaya hidup di negeri orang. Satu hal yang penting kamu lakukan ialah pastikan untuk menggunakan tabungan digibank lewat Aplikasi digibank by DBS, yang memudahkan untuk bertransaksi valas.

Kelebihan digibank by DBS

Kamu akan mendapatkan beberapa kelebihan yang tidak akan kamu temukan pada bank lainnya seperti:

Pertama, tinggal klik pada Aplikasi digibank by DBS yang dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja tanpa harus datang ke kantor cabang, karena dilakukan dengan cara online 24 jam.

Kedua, Tanpa biaya administrasi alias kirim uang ke luar negeri gratis ke 20 negara tujuan dengan 7 mata uang AUD, CAD, SGD, USD, HKD, GBP, dan EUR.

Ketiga, digibank menyediakan FX rate terupdate sehingga transfer valas jadi lebih ringan dan nilai tukar pun lebih kompetitif.

Keempat, sampai di hari yang sama. Jadi kamu tak perlu lagi menunggu waktu lama uang kiriman  tiba untuk bayar kuliah plus biaya hidup di luar negeri.

Dengan kelebihan-kelebihan tersebut, digibank akan memudahkan dan membantu kamu dalam menghemat biaya di luar negeri. Uang cepat sampai, kuliah tenang, biaya hidup hemat.

News Feed