by

Tentang Rumah Adat yang Cukup Populer

Indonesia adalah salah satu negeri yang memiliki kebudayaan paling beragam di dunia. Beragamnya budaya tersebut tidak terlepas dari suku bangsa serta model rumah tinggal. Adapun rumah tinggal yang didiami oleh suku suku bangsa tersebut dikenal dengan sebutan rumah adat. Cukup banyak suku di Indonesia namun ada beberapa rumah khas daerah yang cukup populer. Apa saja itu?

Rumah Adat Gadang

Rumah yang biasa disebut dengan istilah rumah bagonjong adalah salah satu rumah suku Minangkabau. Keunikan dari rumah adat ini adalah desainnya yang cukup melengkung serta berujung runcing menyerupai tanduk kerbau. Jika Anda ingin menemukan Rumah Gadang biasanya ada di provinsi Sumatera Barat karena memang sebagian besar populasi suku Minangkabau berada atau tinggal di rumah seperti ini.

Rumah Adat Joglo

Jika Anda berkunjung ke pulau Jawa pasti bentuk rumah adat joglo mudah dijumpai di mana saja. Jawa adalah salah satu suku bangsa terbesar Indonesia dimana mayoritas sukunya itu ada di Jawa Tengah, Jawa Timur dan Yogyakarta. Pemerintah sendiri pun menggunakan model dari rumah Joglo termasuk rumah penduduk

Rumah Adat Kebaya

Rumah adat kebaya adalah rumah khas dari suku Betawi dimana bentuk atapnya menyerupai kebaya yang dilipat. Jika dilihat dari samping maka lipatan-lipatan tersebut menyerupai lipatan kebaya.

Rumah Adat Tongkonan

Rumah adat Tongkonan adalah rumah adat bagi masyarakat Toraja. Tongkonan itu sendiri berasal dari kata tongkon yang artinya duduk bersama-sama. Model atapnya sendiri melengkung menyerupai perahu yang menggunakan susunan bambu atau kalau sekarang ini sudah menggunakan seng. Untuk bagian depannya ada deretan tanduk kerbau yang menunjukkan status sosial si pemilik rumah.

Rumah Adat Limas

Berpusat di Sumatera Selatan yang mengusung bentuk limas dengan bangunan bertingkat tingkat. Masing-masing tingkatan ini sendiri memiliki filosofi budaya tersendiri dimana tingkatan di rumah ini memiliki ruangan yang menjadi simbol dari 5 jenjang kehidupan masyarakat yaitu usia, bakat, jenis, pangkat dan martabat

Rumah Adat Manggarai

Rumah adat ini adalah salah satu rumah tradisional khas Mamuju dengan memiliki struktur panggung yang disusun dengan menggunakan tiang-tiang dari kayu balok berukuran kurang lebih 6 meter. Rumah adat ini juga menggunakan bahan papan yang biasanya digunakan sesuai motif khas dari suku yang ada.

Rumah Adat Honai

Bentuk rumah yang satu ini cukup unik yaitu berbentuk seperti kerucut dan dibangun menggunakan material alam berupa keramik. Rumah adat Honai ini dibedakan menjadi 3 kategori yaitu rumah untuk pria, rumah ada untuk wanita dan hewan. Bagi masyarakat Papua rumah honai ini bukan menjadi tempat tinggal saja akan tetapi tempat pengajaran kehidupan untuk mendidik para wanita maupun pria

Rumah Adat Alas

Yaitu sebuah rumah tradisional dari pulau Nias Sumatera Utara yang dibangun untuk kepala desa dengan menggunakan tiang-tiang besar dan atapnya yang cukup tinggi. Akses masuk ke dalamnya hanya menggunakan tangga dan dilengkapi jebakan. Bentuk atap rumahnya cukup curam mencapai tinggi kurang lebih 16 meter.

Itulah beberapa jenis atau model rumah adat yang cukup populer karena memang sering dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Yang pasti, masing-masing dari rumah adat tersebut menunjukkan kesan berbeda menurut kebiasaan suku masing-masing. Tidak sedikit malah model atau desainnya menunjukkan kelas sosial seseorang seperti kepala desa atau mereka yang cukup berpengaruh di daerah tersebut.

News Feed