Kehamilan pada dasarnya menjadi moment yang sangat penting bagi seorang wanita, itulah mengapa para calon orang tua pastinya akan sangat protektif menjaga buah hati yang sedang dikandung tersebut. Diantaranya adalah dengan memperhatikan kecukupan nutrisi yang dikonsumsi selama mengandung. Apalagi pada masa awal kehamilan memang menjadi saat-saat emas, dimana nantinya sangat berhubungan dengan perkembangan dan pertumbuhan janin, apakah bisa sempurna ataukah tidak. Tanya jawab dokter kandungan online kini bisa dilakukan secara lebih mudah.

Wanita yang sedang hamil memang dianjurkan untuk mengonsumsi lebih banyak makanan yang bergizi, karena ini sangat berhubungan dengan kecukupan nutrisi buah hati yang ada di dalam kandungan. Selain itu juga tetap harus memperhatikan jenis makanan apa sajakah yang boleh dan tidak boleh untuk dikonsumsi, mengingat terkadang ada sebagian diantaranya yang memang tidak bagus untuk kandungan, berikut ini diantaranya yang perlu Anda catat, yaitu:

  1. Ikan dengan kandungan merkuri yang tinggi, nyatanya tidak semua jenis ikan aman untuk dikonsumsi wanita yang sedang hamil, apalagi sekarang ada banyak produk ikan yang sudah terpapar logam berbahaya layaknya merkuri, dimana nantinya bahan makanan tersebut beresiko tinggi pada wanita yang sedang hamil, sebut saja diantaranya adalah hiu, raja makarel sampai dengan ikan pedang dan tuna sirip kuning.
  2. Sushi, meskipun nikmat yang kaya akan kandungan gizi ada baiknya wanita yang sedang hamil menghindari makanan yang satu ini, karena pada dasarnya sushi terbuat dari ikan mentah atau yang hanya dimasak setengah makan saja, sehingga terkadang masih mengandung cacing atau parasit berbahaya yang ada di dalamnya.
  3. Steak setengah matang, cita rasa sebenarnya dari steak memang ketika ia dimasak setengah matang, namun tidak dianjurkan pada wanita yang sedang hamil. Karena proses memasak yang sebatas medium rare ini terkadang masih mengandung parasit berbahaya layaknya toksoplasmosis.
  4. Telur setengah matang, tak hanya produk daging dan juga ikan setengah matang saja, melainkan telur yang kondisinya masih mentah maupun setengah matang juga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi bumil. Karena terkadang membawa bakteri Salmonella yang bisa menyebabkan infeksi pada janin.
  5. Susu yang tidak dipasteurisasi terlebih dahulu, pasteurisasi ini adalah sebuah teknik memanaskan susu dengan suhu tinggi dengan tujuan membunuh kuman penyebab penyakit yang mungkin ada di dalamnya. Sehingga mengonsumsi produk susu yang sebelumnya tidak dipasteurisasi atau dalam kondisi masih segar kurang disarankan bagi wanita hamil, mengingat resikonya yang cukup tinggi.
  6. Jus buah mentah, jus buah yang sebelumnya juga tidak dilakukan pasteuriasi juga tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh bumil, karena berpotensi mengandung bakteri E.coli yang berbahaya untuk kandungan.
  7. Hati hewan, apapun jenisnya, entah itu hati dari ikan, kemudian juga sapi maupun ayam hendaknya tidak dikonsumsi oleh wanita yang sedang hamil. Karena kandungan vitamin A yang ada didalamnya terlalu berlebihan sehingga membahayakan kandungan. Bahkan juga terkadang mengandung racun-racun berbahaya.
  8. Alkohol, hendaknya mulai menghentikan kebiasaan mengonsumsi alkohol ketika sudah mengandung, mengingat zat-zat yang ada didalamnya membahayakan kandungan.

Jadi mulai sekarang harus lebih selektif lagi di dalam mengonsumsi makanan, khususnya bagi wanita yang tengah hamil. Tanya jawab dokter kandungan online akan jauh lebih mudah dengan memanfaatkan aplikasi Halodoc. Bahkan Anda bisa chattingan langsung dengan dokter ahli secara realtime disini.