Valuta asing adalah pertukaran atau konversi mata uang suatu negara dengan negara lainnya. Seperti teman teman dapat menukar dolar AS dengan rupiah. Tetapi untuk mata uang yang akan di tukar akan memiliki rate atau nilai tersendiri misalnya 1 dolar AS sama saja dengan Rp. 13.000, maka teman-teman dapat menukar mata uang asing dengan nilai yang sudah di tetapkan.

Melakukan transaksi valuta asing akan dapat terjadi di sebuah pasar valuta asing, dan lebih dikenal dengan sebutan pasar valas. Pasar valas adalah tempat pertukaran berbagai macam macam mata uang yang berbeda beda dan tentunya harga atau rate valuta asing berdasarkan kurs. Kurs adalah harga mata uang yang akan teman teman tukar dengan mata uang yang berlaku di suatu negara.

Sistem yang berlaku untuk valuta asing saat ini

  • Sistem kurs tetap

Sistem dari kurs tetap ini ada campur tangan dari pemerintah di negara tempat tinggal teman teman. Kurs tetap ini dapat ditetapkan oleh pihak bank sentral yang secara aktif terlibat dalam transaksi valas.

Dan dengan disahkannya oleh pemerintah maka ketika teman teman ingin menukar uang di bank satu dengan bank yang berbeda, maka kursnya sama. Dan kemudian pihak bank juga tidak akan bisa merubah kurs sendiri karena ada keterkaitan dari pemerintah tersebut. Apabila pihak bank menyeleweng dan tidak memenuhi dari standar maka akan diberikan sanksi.

  • Yang kedua sistem kurs bebas

Sistem kurs bebas ini dapat diartikan sebagai pembuatan kurs itu sendiri dari suatu permintan dan penawan dari mata uang asing. Maka pemerintah tidak akan ikut campur dengan urusan menentukan kurs mata uang yang akan ditukar.

Contohnya teman teman akan berbelanja di sebuah marketplace yang ada di dunia. Dengan marketplace tersebut bisa menerima dollar saja, hal ini teman teman yang menggunakan mata uang rupiah terlebih dahulu menukarkan dolar nya melalui website yang teman teman gunakan.

  • Yang terakhir adalah sistem kurs terkontrol atau terkendali

Untuk kurs yang terakhir ini, pemerintah atau pihak bank mempunyai kekuasaan atas memnentukan nilai alokasi pemakaian valuta asing yang tersedia. Hal ini bisa membuat pasar valas menjadi lebih stabil dan tidak akan terjadi banyaknya inflasi. Sistem ini berguna untuk menentukan ketersediaannya valuta asing dalam perdagangan kegiatan impor dan ekspor.

Fungsi dari Valuta Asing

  • Yang pertama untuk alat pengendali kurs

Dengan adanya alat pengendali kurs, pasar valas maka pemerintah juga bisa mengendalikan kurs. Apakah mata uang negara tertentu menguat atau melemah. Seperti dengan adanya kurs rupiah ke dollar teman teman tahu bahwa nilai tukar rupiah semakin naik saja atau semakin menurun. Hal ini valas dapat menjadi patokan untuk mengendalikan nilai mata uang suatu negara atau mata uang asing.

  • Yang kedua sebagai alat memperlancar perdagangan internasional

Perdagangan internasional akan lebih mudah karena adanya valuta asing. Apalagi pada saat ini dengan semakin berkembangnya teknologi siapa  saja dapat melakukan transaksi perdagangan antar negara. Akan tetapi kalau tidak ada valas maka perdagangan internasional akan terganggu, bisa saja sampai tidak bisa melakukan transaksi.

  • Yang terakhir adalah alat tukar dan pembayaran internasional

Perdagangan internasional sangat dipengaruhi oleh valuta asing seperti ekspor dan impor. Valuta akan digunakan sebagai alat dalam melakukan tukar menukar suatu barang atau jasa dengan negara lain.

Itulah informasi tentang Pengertian Valuta Asing dan Fungsi dari Valuta Asing semoga bermanfaat.