Olahraga Bisa Bikin Kulit Sehat, Ini Alasannya

Gaya Hidup6 views

Sudah bukan rahasia lagi bila olahraga bisa membantu menjaga kesehatan jantung, paru-paru, dan mental seseorang. Tapi, tahukah kamu bahwa olahraga juga bisa bikin kulit sehat?

Kulit adalah organ terbesar dari tubuh kamu dan kesehatannya bisa dipengaruhi oleh begitu banyak kebiasaan dan pilihan gaya hidup, termasuk olahraga. Sama seperti halnya olahraga membantu menjaga kesehatan organ di dalam tubuh kamu, seperti jantung, aktivitas fisik tersebut juga bisa memperkuat kemampuan kulit untuk melawan penuaan dan berbagai jenis kerusakan lainnya. 

Sebagai berikut dari Ashefanews manfaat olahraga untuk kesehatan kulit:

Membuat Kulit lebih Sehat

Menurut Ellen Marmur, MD, dokter kulit dan penulis Simple Skin Beauty: Every Woman’s Guide to a Lifetime of Healthy, Gorgeous Skin, aktivitas apa pun yang meningkatkan sirkulasi darah yang sehat membantu menjaga kulit tetap sehat dan bercahaya.

Olahraga meningkatkan kesehatan kulit adalah dengan cara meningkatkan detak jantung dan sirkulasi darah. Peningkatan sirkulasi itu melebarkan pembuluh darah yang membawa lebih banyak nutrisi dan oksigen untuk mendukung sel-sel kulit. 

Tidak hanya membawa oksigen dan nutrisi, sirkulasi yang baik membantu membuang zat beracun, radikal bebas, dan produk sampingan sel dari dalam tubuh. Meskipun ada klaim yang berpendapat bahwa pekerjaan menetralkan racun sebagian besar dikerjakan oleh hati, tapi dengan meningkatkan aliran darah, olahraga membantu mengeluarkan puing-puing sel dari sistem, sehingga hal bisa dianggap sebagai proses membersihkan kulit dari dalam.

Membuat Kulit Awet Muda

Faktanya, menurut sebuah studi di McMaster University di Ontario, saat jantung kamu mulai berdetak lebih cepat saat berolahraga, otot memompa lebih banyak protein yang menggerakkan mitokondria sel kulit untuk bertindak lebih muda, yang seiring berjalannya waktu dapat membuat kulit kamu terlihat sekitar 25 tahun lebih muda pada tingkat mikroskopis.

Selain itu, olahraga juga membantu tubuh mengendalikan gula darah dan stres oksidatif, serta mengurangi produk akhir glikasi lanjutan yang bisa membuat jaringan kulit lebih tua, termasuk protein penting seperti kolagen.

Meredakan Peradangan

Penelitian menunjukan bahwa olahraga secara umum, baik latihan ketahanan atau kardio, bisa membantu mengurangi peradangan di seluruh tubuh dengan melepaskan protein anti-inflamasi sekaligus mengurangi hormon stres.

Menurut anggota Shape Brain Trust, Elizabeth K. Hale, M.D, seorang dokter kulit di New York City, peradangan adalah sumber utama penuaan kulit, jadi hal apa pun yang bisa melawannya seperti olahraga, bisa melindungi kolagen dan membantu kulit untuk menua dengan lebih baik.

Peradangan dan stres juga diketahui memicu dan memperburuk jerawat dan eksim, serta merusak pelindung kulit, sehingga membuatnya menjadi lebih kering dan sensitif. Nah, dengan berolahraga, kondisi kulit tersebut bisa membaik.

Bila kamu mengalami luka atau ruam, menjadi aktif juga bisa mengatur respons peradangan kulit, sehingga tidak terus menerus memerah dan meradang. Sebuah studi dari Ohio State University, misalnya, melaporkan bahwa luka kulit sembuh rata-rata 9 hari lebih cepat pada mereka yang berolahraga secara teratur dibandingkan mereka yang tidak aktif.

Membantu Membersihkan Kulit

Berkeringat saat berolahraga juga bisa membantu membersihkan pori-pori, selama kamu memastikan untuk membersihkan kulit sebelum berolahraga dan menghilangkan apa pun yang berpotensi menyumbat pori-pori, seperti riasan.

Selain itu, ingat untuk mandi dan berganti pakaian dengan yang bersih segera setelah berolahraga. Keringat itu tidak menyebabkan jerawat tapi bila kamu tidak segera mandi dan tetap mengenakan pakaian yang ketat dan berkeringat, bakteri alami dan jamur pada kulit bisa mulai berfermentasi dan menyumbat atau mengiritasi pori-pori, sehingga menyebabkan benjolan kecil berwarna merah.