by

Mengenal Telemedicine Beserta Kelebihan

Telemedicine adalah teknologi yang memungkinkan pasien berkonsultasi dengan dokter secara privat, tanpa harus bertatap muka secara langsung. Dikutip dari laman American Academy of Family Physicians (AAFP), konsultasi dengan dokter membantu pasien mendapatkan informasi mengenai dugaan diagnosis, perawatan atau penanganan pertama pada penyakit maupun kasus cedera, hingga tips-tips untuk meningkatkan kesehatan tubuh.

Di beberapa negara dunia, penggunaan teknologi telemdicine sudah dilakukan sejak lama. Namun di Indonesia, teknologi ini baru mulai umum digunakan dalam beberapa tahun terakhir. Dengan berubahnya pola kehidupan pada era digital, banyak sektor mengikuti perkembangan ini, termasuk kesehatan. Bahkan, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), telah memiliki divisi khusus yang berkaitan dengan bidang kesehatan digital.

Apa Itu Telemedicine

Kehadiran telemedicine bisa menjadi jawaban untuk kemudahan mengakses pelayanan kesehatan. Inovasi layanan kesehatan pada era internet tersebut membantu pasien memanfaatkan waktunya lebih efisien karena tidak harus datang ke rumah sakit atau failitas kesehatan untuk berkonsultasi. Apalagi, di tengah pandemi corona yang belum mereda, para pasien sangat disarankan untuk tidak datang ke rumah sakit, kecuali ada kebutuhan mendesak atau keadaan darurat. Imbauan tersebut muncul untuk mencegah risiko penularan virus corona (Covid-19)

Memberikan Kemudahan Akses

Setelah mengetahui apa itu telemedicine, berikutnya terdapat beberapa manfaat telemedicine yang bisa Anda dapatkan. Manfaat yang pertama tentu saja kemudahan akses layanan kesehatan yang dapat dilakukan secara daring.

Termasuk masyarakat yang tinggal di pedesaan, layanan ini dapat memberikan kemudahan konsultasi medis tanpa harus pergi ke rumah sakit atau klinik, terutama ketika lokasi rumah sakit jauh dari rumah.

Pengurangan Pasien Rawat Inap

Manfaat telemedicine berikutnya yaitu dapat mengurangi pasien rawat inap. Layanan telemedicine yang bisa dilakukan tanpa tatap muka, dapat menjangkau pasien lebih luas dengan kapasitas yang lebih banyak.

Selain itu, layanan ini juga memberikan keuntungan tersendiri yaitu manajemen daftar tunggu yang lebih baik. Jika Anda harus menunggu berjam-jam untuk melakukan konsultasi di rumah sakit, dengan telemedicine, Anda bisa menunggu dengan santai di rumah hingga jam konsultasi tiba.

Bukan hanya itu, layanan ini juga dapat mengurangi pasien rawat inap di rumah sakit. Terutama di tengah pandemi, kamar rawat inap lebih diutamakan pada pasien dengan kondisi yang lebih buruk atau parah. Sehingga dengan layanan ini, masyarakat bisa melakukan konsultasi kesehatan di rumah dengan pemantauan jarak jauh oleh dokter.