by

Mengenal Apa Itu Venture Capital dan Manfaatnya

Anda pasti tidak asing lagi yang saat ini sedang mengembangkan dunia startup, pasti tidak asing lagi dengan nama yang satu ini yaitu, Ventur Capital. Ventur Capital adalah sebuah Lembaga keuangan yang akan memberikan sejumlah dana, kepada perusahaan startup. Kehadiran VC (Ventur Capital) justru sangat penting sekali keberadaannya yaitu, untuk keberlangsungan pendanaan pada startup itu sendiri. Seperti yang sudah sangat jelas, Venture Capital sendiri ialah pendanaan yang di serahkan oleh pihak investor, pada sebuah perusahaan kecil, seperti startup, saat dipikir-pikir kehadirannya sangat penting yang di perkirakan mempunyai potensi yang cukup lumayan besar, dalam jangka panajang.

Seperti biasanya itu Venture Capital ini sendiri menghasilkan dana dari berbagai kelompok, mulai dari Lembaga keuangaan, bank investasi sertta investor yang kaya dan yang lain-lain. Dan untuk Kamuy yang belum mengetahui disini, yang harus tau disini adalah tidak semua Venture Capital, memberikan sebuah modal yang besar dan dana yang gede. Bantuan ini juga terkadang diserahkan dalam bentuk keahlian teknis, atau juga ketrampilan tertentu. Karena pada daasrnya setiap investor yang menyerahkan dana ke sejumlah dana ke Venture Capital, yang nantinya akan di serahkan ke perusahaan startup itu sendiri , sangat mempunyai resiko yang begitu tinggi.  Oleh sebab itu tidak semua perusahaan startup, memperoleh pendanaan yang cepat, yang sangat mulus dari pihak Venture Capital.

Sebenarnya apa itu venture capital? adalah sebuah modal usaha yang berbentuk uang yang diserahkan kepada para startup atau sebuah pengusaha yang dinilai cukup potensial sehingga perkembangan nya cukup berguna dan sangat cepat. Oleh karena itu, Venture Capital menuju ke uangnya, maka Venture Capital adalah orang yang mengolah bisnisnya. Para Venture Capitalis ini mempunyai sebuah keuntungan atas pemilikan yang di perolehnya dari perusahaan yang telah mereka berikan sebuah invesatasi tersebut. Venture Capital juga mempunyai uang sendiri gunanya untuk mengalokasikan investasi usaha karena mereka juga di investasikan oleh sebuah investor itu sendiri yang di sebut dengan LP (limited partners)

Tips Meraih Keuntungan dalam Venture Capital

Dari pembahasan di atas, sepertinya aspek yang terpenting yang harus di perhatikan oleh venture Capital dalam melihat sebuah masa depan sebuah perusahaan. Padahal ada hal yang begitu penting, yaitu perhitungan waktu atau timing yang tepat. Investornya sendiri akan ‘’menekan’’ harga dari sebuah perusahaan tersebut akan lebih terlihat dalam memperbaiki perusahaan dan meraih keuntungan yang besar. Dengan ini, nilai jual perusahaan akan meningkat di akhir masa investasi.

Cara Kerja Venture Capital

Seperti yang sudah di jelaskan di atas, cara kerja Venture Capital yaitu mengelola Venture Capital. Namun tidak hanya itu saja. Memberikan modal kepada sebuah perusahaan startup, lalu mulai mengelola. Sebelum Venture Capital memberikan modal kepada sebuah perusahaan startup.  Anda juga harus mengetahui proyeksi keuntungan dan kepemilikannya yang bisa mereka untungkan dana investai dalam jumlah yang besar kepada perusahaan.

Tahapan Pendanaan Startup

  1. Pre speed

Adalah pendanaan bagi startup sebelum menjadi sebuah bisnis, pendanaan ini dilakukan pada masa pengembangan produk.

  1. Seed funding

Pendanaan yang satu ini dilakukan saat produk yang ditawarkan startup baru saja jadi. Contohnya lounching ke sebuah pasar dan responnya sanagat enak di dengar.

  1. Growth funding

Menerapkan model bisnis yang dirancang dan meningkatkan operasional bisnis yang memacu pertumbuhan pelanggan.

Nah, itulah penjelasan lengkap. Kalau menjadi seorang investor limited partners di Venture memerlukan syarat tertentu, kini kamu bisa lho berinvestasi pada beragam bisnis profitable yang kamu sukai melalui platfrom investasi yang berbasis securities crowfunding.

News Feed