by

Memasukkan Pemikiran Desain ke dalam Strategi dan Konten Pemasaran

Bagi Anda yang memiliki sebuah usaha, bisnis, tentu Anda tidak asing lagi dengan yang namanya content marketing atau konten pemasaran. 

Dengan konten pemasaran tersebut usaha atau bisnis Anda mudah dikenali, sehingga akan banyak pelanggan yang tertarik untuk melakukan transaksi terhadap produk Anda.

Jika Anda merasa telah berulang kali mengupload produk namun tak kunjung mendapatkan respon konsumen, ada baiknya bagi Anda untuk meninjau kembali strategi konten pemasaran Anda. Sudah inovatif dan menarik atau belum? 

Salah satu caranya adalah dengan memasukkan pemikiran desain ke dalam strategi dan konten pemasaran.

Lalu bagaimana caranya dan apa gunanya pemikiran desain dalam pemasaran ini? Mari kita simak secara detail ulasan berikut ini.

Pengertian Konten Pemasaran

Konten pemasaran tentu tidak asing lagi bagi setiap orang, khususnya bagi Anda yang memiliki suatu bisnis atau usaha yang melibatkan penjualan suatu produk.

Konten pemasaran atau content marketing adalah sebuah strategi pemasaran yang memiliki fokus pada pembuatan dan pendistribusian konten dalam rangka menarik dan mendapatkan perhatian pelanggan (customer).

Dilansir dari saungwriter.com Konten pemasaran umumnya lebih banyak digunakan oleh seseorang yang memiliki bisnis atau usaha online, namun juga tidak sedikit juga bisnis offline yang menggunakan strategi strategi ini. 

Selain itu, konten pemasaran ini merupakan suatu objek yang dapat meningkatkan komunikasi antara produk yang dihasilkan oleh usaha atau bisnis Anda dengan para pelanggan Anda.

Tahapan Memasukan Pemikiran Desain dalam Konten Pemasaran

Proses pemikiran desain memiliki beberapa tahapan, diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Empathise

Rasa empati merupakan sebuah dasar dari proses pemikiran desain ini. Anda harus memfokuskan setiap indera, perasaan, maupun juga pikiran Anda.

Tujuannya agar Anda mampu untuk memahami semua perasaan, keluhan, harapan, pikiran, hingga kebiasaan orang-orang yang akan membuat atau menciptakan suatu ide dan solusi.

Istilahnya Anda harus menempatkan diri Anda pada posisi mereka. Untuk lebih memahaminya, pada tahap ini Anda bisa bertanya mengenai apa saja.

  1. Define

Tahap yang kedua adalah tahap define. Pada tahap define ini, Anda perlu mengumpulkan segala informasi yang telah di buat dan di dapat dari tahap yang pertama, yakni tahap empathise. 

Untuk menemukan masalah inti dari masalah yang telah diidentifikasi, pada tahap define ini Anda akan melakukan analisis pengamatan.

  1. Ideate

Tahap yang selanjutnya dalam proses pemikiran desain adalah Anda harus membuat dan membangun ide yang sebanyak banyaknya. 

Pada tahap ini, Anda perlu “berfikir out of the book”, guna untuk mengidentifikasi sebuah solusi baru untuk setiap pernyataan masalah yang dibuat. 

Pada akhir tahap ideation ini, Anda harus memilih atau pun mencoba berbagai teknik ideation yang berbeda dari yang Anda gunakan di awal. 

Dengan mencoba berbagai teknik ideation atau teknik berpikir yang berbeda, maka Anda bisa menemukan cara yang terbaik untuk menemukan solusi atau memecahkan masalah. 

Kemudian, Anda dapat menyediakan berbagai elemen elemen yang mungkin diperlukan untuk menghindari masalah tersebut.

  1. Prototype

Tahap yang selanjutnya dalam proses pemikiran desain adalah tahap prototype. Tahap prototype ini merupakan tahap pembuatan model yang merupakan suatu padatan atau replika dari suatu produk namun dalam bentuk yang lebih murah dan diperkecil. 

Dengan dibuatnya prototype atau sebuah model yang menyerupai produk ini, Anda dengan mudah dapat menyelidiki bagaimana solusi masalah yang telah dihasilkan pada tahap sebelumnya. 

Tahap prototype ini merupakan ini merupakan suatu tahap eksperimen. Berbagai solusi yang telah dibuat dicoba diimplementasikan pada prototype ini. 

Satu per satu solusi diselidiki dan diterima, ada yang diperbaiki lalu diperiksa ulang, serta ada juga yang ditolak berdasarkan pengalaman pengguna.

Demikianlah pembahasan mengenai tahap tahap proses pemikiran desain yang mana mudah untuk dipahami bagi Anda yang memiliki keinginan untuk memasukkan pemikiran desain ke dalam strategi dan konten pemasaran. Selamat mencoba tahapan proses pemikiran desain. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

News Feed