by

Kenali Kelebihan dan Kekurangan Oven Listrik

Kemajuan teknologi membuat segala aspek turut berkembang, salah satunya oven. Jika dulu Anda mengetahui jenis oven gas, kini oven telah berevolusi menjadi oven listrik yang lebih canggih. Oven listrik memiliki fungsi untuk memanaskan, memanggang, atau mengeringkan suatu masakan. Namun, tahukah Anda apa saja kelebihan dan kekurangan oven listrik?

Oven adalah salah satu kebutuhan dapur yang manfaatnya tidak bisa disepelekan. Salah satu fungsi yang paling terkenal adalah dalam proses membuat kue. Sekarang oven telah berkembang menjadi oven listrik yang menjadi teknologi paling modern. Tetapi, dibalik itu semua ternyata oven listrik juga memiliki keunggulan dan kekurangannya. Penasaran apa saja informasinya? Yuki simak berikut ini.

Kelebihan Oven Listrik yang Wajib Anda Ketahui

Oven menjadi salah satu alat utama yang bisa membantu Anda dalam membuat kue. Jika Anda masih bingung akan menggunakan oven jenis apa, Anda bisa berkunjung ke laman PickyBest untuk mendapatkan rekomendasi oven terbaik. Nah sekarang saatnya Anda mengetahui apa saja kelebihan oven listrik dibawah ini:

  1. Memiliki Fungsi Otomatis

Oven listrik sangat direkomendasikan daripada oven gas karena memiliki fungsi otomatis. Anda bisa menggunakan oven jenis ini yang dilengkapi dengan fitur lengkap untuk memanggang. Yang menarik dari oven listrik terbaik adalah bisa secara otomatis mengatur suhu panas yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

  1. Tidak Memerlukan Banyak Tempat

Kelebihan dari oven listrik selanjutnya adalah tidak memerlukan banyak tempat, dengan demikian Anda bisa lebih hemat dalam mengatur dapur untuk keperluan lainnya. Oven listrik juga sangat cocok ditempatkan dalam dapur yang minimalis sekali pun, bahkan dalam ruangan yang terbatas pun masih bisa untuk disimpan karena tidak membutuhkan penggunaan gas.

  1. Lebih Aman Digunakan

Oven listrik lebih aman digunakan daripada oven gas. Hal ini karena oven listrik tidak memerlukan gas sebagai sumber energinya. Jika oven gas masih memerlukan gas, maka ada kemungkinan mengalami kebocoran yang akan menyebabkan saluran gas meledak. Sedangkan oven listrik hanya memerlukan listrik sebagai sumber utamanya dan memiliki fitur otomatis yang akan membuat oven mati dengan sendirinya jika masakan sudah matang.

Kekurangan Oven Listrik yang Wajib Anda Ketahui

Selain memiliki kelebihan, ternyata oven listrik yang direkomendasikan oleh PickyBest juga memiliki kekurangan. Beberapa kekurangan berikut ini tentunya tidak sebanding dengan kelebihan dari oven listrik itu sendiri, Anda hanya perlu mencegah beberapa kemungkinan dari kekurangan oven listrik ini. Yuk simak informasinya.

  1. Oven Listrik Membutuhkan Daya Listrik yang Sangat Besar

Sesuai namanya, oven listrik ini menggunakan daya listrik sebagai sumber energinya. Oleh karena itu, jika Anda menggunakan oven listrik di rumah, maka haruslah Anda memiliki daya listrik yang besar. Sebelum membeli oven listrik ini juga Anda harus memastikan bahwa daya listrik di rumah sudah bisa menampung oven listrik. Konsumsi listriknya juga berbeda-beda, sesuai dengan jenis pengapian yang digunakan.

  1. Oven Listrik Tidak Cocok untuk Produksi Besar

Oven listrik lebih cenderung dikhususkan untuk memasak makanan dengan jumlah yang kecil atau sedikit. Kenapa demikian? Karena oven listrik memiliki bentuk yang lebih kecil dibandingkan dengan oven gas, sehingga sangat tidak direkomendasikan untuk digunakan dalam memasak dengan produksi yang besar. Jika Anda membutuhkan oven untuk produksi yang banyak, maka gunakanlah oven gas yang masih banyak tersedia di pasaran.

Nah, itulah kelebihan dan kekurangan oven listrik yang bisa menjadi acuan bagi Anda dalam menggunakan oven yang cocok. Semoga informasi diatas dapat membantu.

News Feed