by

Jurusan Psikologi: Serba-serbi dan Prospeknya

Perjalanan pemilihan jurusan perkuliahan memang menjadi tahapan paling krusial dalam perjalanan anak SMA. Apalagi saat ini ada berbagai pilihan jurusan dengan berbagai kampus membuat pemilihan jurusan ini semakin membingungkan. Salah satu jenis jurusan yang dianggap memiliki prospek cerah adalah jurusan Psikologi, nah sebenarnya bagaimana serba – serbi dan prospek kerja jurusan psikologi?

Deskripsi dan Kemampuan

Jurusan psikologi dikenal sebagai jurusan yang mempelajari tentang tingkah laku yang dimiliki oleh manusia. Nah, jurusan ini tidak hanya mempelajari manusia terkait individunya saja namun juga mempelajari manusia berdasarkan pengalaman, perasaan dan berbagai jenis stimulus yang bisa diberikan.

Psikologi merupakan jenis jurusan yang bisa kamu tempuh selama 4 tahun perkuliahan hingga nantinya bisa mendapatkan gelar Sarjana Psikologi. Selama proses pembelajaran dalam perkuliahan Sarjana diharapkan nantinya kamu sebagai mahasiswa melatih kemampuan yang kamu miliki untuk mengasah kepekaan dalam rangka asesmen di Psikologi.

Ketika memutuskan belajar ilmu psikologi tentu ada banyak mata kuliah yang akan kamu dapatkan untuk mendukung kompetensimu saat lulus nantinya. berbagai jenis mata kuliah yang akan didapatkan oleh mahasiswa psikologi yakni psikologi industri, psikologi perkembangan, psikologi klinis, psikologi sosial, psikologi trauma dan bencana, psikologi faal, psikometri kepribadian, psikodiagnostika, konstruksi alat ukur psikologi dan berbagai mata kuliah lainnya.

Human Resource Development

Salah satu prospek kerja lulusan Psikologi yakni di bagian HRD dalam sebuah perusahaan. HRD merupakan rumpun pekerjaan yang berhubungan erat dengan pemanfaatan sumber daya manusia oleh sebab itu dalam bidang ini tentu saja membutuhkan peran penting lulusan Psikologi. Nah, menariknya gaji yang bisa didapatkan oleh lulusan Psikologi bervariasi berkisar antara 5 juta hingga 10 juta per bulannya. Jumlahnya juga bisa lebih tinggi tergantung dengan tingkat jabatan serta besaran tanggung jawab yang dimiliki.

Psikolog

Lulusan psikologi tentu saja identik dengan menjadi Psikolog. Namun ketika anda ingin menjadi seorang psikolog tentu saja anda harus melanjutkan pendidikan ke jenjang pascasarjana dan mengambil jurusan psikologi klinis. Setelah lulus kamu bisa melanjutkan pekerjaan menjadi Psikolog di rumah sakit maupun praktik mandiri. Ketika kamu bekerja di rumah sakit biasanya yang akan kamu tangani yakni pasien dengan gangguan kejiwaan. Nah, tugas seorang psikolog yakni memberikan pendampingan kepada pasien. Namun ingat, psikolog tidak bisa memberikan obat – obatan yang berhak memberikan obat – obatan adalah seorang dokter. Biasanya gaji rata – rata yang didapatkan psikolog per bulannya yakni berkisar 5 juta rupiah.

Konselor

Menjadi seorang konselor juga sebenarnya cukup menjanjikan. Konselor merupakan jenis pekerjaan yang bertujuan untuk memberikan konseling kepada klien. Tujuan konselor yang satu ini tentu saja membantu klien keluar dari masalahnya. Seorang konselor juga bisa bekerja secara paruh waktu atau seorang konselor yang tidak berada di bawah perusahaan.

Biasanya konselor yang di hire oleh perusahaan bertugas untuk memberikan konseling kepada para karyawan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas hidup yang dimiliki oleh karyawan baik dalam hal mental maupun sisi profesionalisme yang dimilikinya. Seorang konselor yang sudah ada di level senior bisa mendapatkan penghasilan minimal 10 juta rupiah per bulannya.

Terapis ABK

Jika tidak ingin bekerja dalam sebuah perusahaan, prospek kerja jurusan psikologi bisa juga menjadi seorang terapis bagi anak berkebutuhan khusus. Sederhananya tugas seorang terapis anak berkebutuhan khusus yakni untuk mengawasi tumbuh kembang anak tersebut. Biasanya seorang terapis pada anak berkebutuhan khusus akan berusaha semaksimal mungkin untuk mengeluarkan potensi yang dimiliki anak tersebut. Hal ini bertujuan agar anak berkebutuhan khusus tetap bisa hidup layak dalam bermasyarakat.

Gaji yang didapatkan oleh seorang terapis anak berkebutuhan khusus tentu saja beraneka ragam sesuai dengan tingkat kesulitan yang didapatkannya. Namun, seorang terapis anak berkebutuhan khusus bisa mendapatkan gaji hingga 50 juta rupiah untuk setiap anak yang ditanganinya.

Research and Development

Jika kamu menyukai hal – hal yang berkaitan dengan riset tentu profesi menjadi bagian dari tim RND patut dipertimbangkan. Research and Development merupakan jenis profesi yang memungkinkan anda ikut serta dalam berbagai penelitian serta pengembangan sebuah produk. Nah, ada beberapa hal yang harus digarisbawahi terkait dengan penelitian dalam bidang RND. Penelitian dalam bidang RND sebuah perusahaan lebih memperhatikan tentang hal – hal yang berkaitan dengan perilaku penggunaan oleh konsumen atau tingkat kepuasan konsumen.

Trainer

Nah, pilihan selanjutnya sebagai prospek kerja jurusan psikologi yakni menjadi seorang trainer. Trainer merupakan orang yang memiliki tanggung jawab dalam bidang pengembangan diri dalam sebuah organisasi. Biasanya trainer memiliki gaji yang beragam dan ini juga tergantung dimana trainer tersebut bekerja. Trainer akan mendapatkan gaji sesuai dengan kelas serta jam mengajar yang diambilnya sebagaimana seorang dosen bekerja.

News Feed