by

Jual Daging Steak dan Cara Memasak yang Benar

Menjadi salah satu makanan favorit saat ini, menjadikan ada banyak tempat yang jual daging steak. Anda dapat menemukannya baik di pasar tradisional, supermarket, supplier, distributor atau lainnya.

Saat akan mengolahnya pun, ada beberapa tata cara baku, mulai dari proses pengirisan sampai hasil jadinya. Hal ini agar hasil dan tingkat kematangannya dapat merata sampai ke dalam.

Beberapa Metode Memasak yang Sehat

Daging hewan mengandung bakteri kurang baik untuk tubuh, misalnya salmonella ataupun e Coli. Oleh karena itu, perhatikan beberapa cara memasak steak yang benar berikut ini:

  1. Menggunakan Metode Slow Cooking

Metode ini memang membutuhkan waktu cukup lama, namun tidak berpengaruh mengurangi nutrisi di dalamnya. Keunggulan teknik ini cukup beragam, salah satunya adalah bumbu bisa meresap sempurna.

Untuk pengaturan suhu kompor yaitu sekitar 88 sampai 121 derajat celcius. Penggunaan panas yang rendah dapat meminimalisir terbentuknya senyawa berbahaya sehingga akan lebih sehat.

Saat memasak menggunakan metode ini saat daging sudah dimasukkan tutup pancinya. Tujuannya untuk menghasilkan daging dengan tingkat kematang merata sampai ke dalam lapisan inti.

  1. Menggunakan Metode Sous Vide

Meto ini berasal dari Perancis yang berarti berada di vakum. Caranya yaitu meletakkan daging sapi ke dalam sebuah kantong plastik kedap udara, kemudian merendamnya dengan air bersuhu rendah.

Teknik ini memiliki banyak keunggulan membuat daging lebih empuk, matang merata, serta nutrisinya lebih baik. saat proses pemasakan bahan tersebut akan mengeluarkan cairan.

Cairan tersebut menghasilkan retensi Vitamin B serta nutrisi lainnya. Waktu yang diperlukan yaitu sekitar satu jam untuk mendapatkan daging empuk merata, selanjutnya bisa diolah menjadi steak.

  1. Menggunakan Metode Pressure Cooking

Cara satu ini memanfaatkan panas dan kelembaban, termasuk yang dapat menghemat energi serta mengefektifkan waktu. Peralatan yang bisa digunakan salah satunya adalah rice cooker.

Metode ini dapat membuat  proses oksidasi kolesterol lebih sedikit dari yang lainnya. Manfaat lainnya membuat daging memiliki rasa khas sehingga saat dijadikan steak akan semakin nikmat.

Suhu yang paling efektif digunakan yaitu sekitar 100-121 derajat celcius. Metode tersebut sangat cocok untuk daging sapi karen yang lainnya kemungkinan akan lembek atau malah hancur.

Beberapa Cara membumbui Daging Steak

Saat membumbui daging steak ini tentu memiliki teknik tersendiri agar meresap sempurna ke dalam seratnya serta tidak merusak teksturnya. Berikut beberapa diantaranya:

  1. Melumuri Daging Steak

Lumuri daging dengan bumbu yang sudah disediakan seperti kecap asin, saus tiram, garam, merica, atau lainnya. Pastikan tidak sampai berlebihan karena akan merusak cita rasanya.

Lumuri semua bagian daging steak sampai merata, kemudian diamkan selama kurang lebih 30 menit menit. Tujuannya untuk memberi waktu bumbu tersebut meresap sampai bagian seratnya.

Setelah itu panaskan alat untuk memanggang, gunakan api sedang tidak terlalu besar maupun kecil. Aruh daging di atasnya, jangan lupa sebelum itu beri minyak secukupnya.

  1. Merendam dalam Air Bumbu

Sebelumnya siapkan bumbu yang sudah dicampur, karena proses perendaman membuat daging meresap lebih baik usahakan tidak meracik masing-masing bahan secara berlebihan.

Waktu yang dibutuhkan saat merendam juga tidak terlalu lama sehingga lebih efektif. Menggunakan metode ini Anda harus berhati-hati agar tidak merusak teksturnya.

Pemanggangan daging bisa menggunakan pan atau teflon jika tidak memiliki perlengkapan khususnya. Kemudian atur suhunya dalam keadaan standar.

Itulah penjelasan terkait metode memasak serta membumbui pada jual daging steak yang dapat Anda, terapkan agar saat memasak semakin enak dan citarasanya khas.

News Feed