by

Jenis Usaha Percetakan yang Perlu Kamu Tahu

Dunia industri percetakan sendiri seolah-olah tidak pernah ada habisnya untuk bisa mengembangkan banyak sekali metode agar bisa mencapai sebuah hasil yang terbaik. Industri pada bidang yang satu ini juga termasuk ke dalam jenis industri yang bisa dibilang cukup ramai dan juga menjadi suatu kebutuhan untuk sebagian orang. Dengan kondisi yang seperti inilah, kemudian ada banyak sekali orang yang memutuskan untuk membuka dan memulai sebuah usaha percetakan.

Berkecimpung pada bisnis atau usaha yang satu ini bukan merupakan hal yang cukup mudah untuk dilakukan. Karena ada beberapa hal yang harus kalian ketahui sebelum nantinya akan mencoba untuk mengembangkannya, dan salah satunya yaitu kalian terlebih dahulu harus bisa memahami tentang jenis-jenis apa saja yang ada di percetakan. Selian itu kalian juga bisa untuk membuka jasa pembuatan jersey futsal, karena memang bisnis atau jasa yang satu ini juga tidak kalah menjanjikannya. Mungkin kebanyakan dari kalian masih belum tahu tentang apa saja jenis-jenisnya, oleh karena itu di bawah ini kami sudah merangkum beberapa jenis untuk kalian.

Cetak Emboss dan Cetak Deboss

Mungkin kalian pernah melihat sebuah hasil cetakan yang mempunyai bentuk huruf timbul, itu merupakan percetakan emboss. Sedangkan untuk jenis percetakan deboss sendiri itu merupakan salah satu jenis percetakan huruf yang terlihat seperti tenggelam atau kebalikan dari emboss tadi. Kedua jenis ini mempunyai proses cetak yang bisa dibilang sama, yaitu dengan cara menggunakan cetakan logam yang nantinya akan menghasilkan sebuah proses etsa atau cukil. Sedangkan untuk perbedaan dari keduanya yaitu hanya logam pada emboss itu biasanya dibuat dengan menonjol sedangkan logam yang ada pada deboos itu berbentuk seperti cekung ke dalam.

Cetak Sablon

Percetakan jenis yang satu ini adalah salah satu yang mempunyai proses cetaknya dengan cara menggunakan sebuah perlatan yang sangat sederhana yaitu berupa layar atau screen dengan  bentuknya seperti persegi dan pada umumnya terbuat dari sebuah kain sutra atau nilon dan juga mempunyai tingkat kerapatan serat yang cukup tinggi. Sisi pinggir yang ada pada layar itu biasanya dijepit dengan menggunakan sebuah kayu sehingga membentuk suatu figura atau frame.

Percetakan Digital

Jenis percetakan yang selanjutnya ada percetakan digital atau yang biasa kalian kenal sebagai digital printing. Cara yang satu ini juga termasuk ke dalam cara modern serta menjadi sebuah pilihan yang terbaik saat ini karena memang prosesnya yang cepat dan cukup mudah. Percetakan digital sendiri adalah suatu bentuk metamorfosis dari teknik cetak yang awalnya konvensional dan sekarang menjadi digital, prosesnya yang bisa dibilang sangat singkat yaitu hanya dengan menggunakan cara transfer sebuah file yang nantinya akan dicetak untuk selanjutnya menuju ke mesin yang akan memprosesnya secara otomatis menjadi sebuah gambar yang diinginkan.

Cetak Offset

Mungkin sebagian dari kalian pernah mendengar yang tentang  jenis percetakan offset. Percetakan yang satu ini merupakan salah satu teknik cetak yang juga menggunakan sebuah metode yang sudah modern di mana nantinya sebuah citra atau gambar yang bertinta itu akan dikirim atau ditransfer terlebih dahulu dari suatu plat dan kemudian akan dilanjutkan lagi menuju ke lembaran karet. Setalah itu nantinya gambar tersebut akan bisa untuk diaplikasikan pada sebuah permukaan dari bahan yang menyala sebelum nantinya akan membentuk suatu cetakan pada kertas yang sudah menggulung.