Rambut yang sehat, lembut, dan tidak kering akan bisa menerima warna dengan lebih baik dibanding rambut yang bercabang dan rusak. Oleh karena itu, penting bagimu untuk memakai conditioner atau clarifying sampo satu atau dua hari sebelum rambut diwarnai. Setelah itu, jangan lupa untuk rutin mengaplikasikan hair mask seminggu sekali agar rambut yang diwarnai tetap terjaga kondisi dan kesehatannya.

Setidaknya berpeganglah pada sembilan pedoman di atas kalau teman teman ingin rambut yang diwarnai tetap sehat dan kuat. Selanjutnya, kami akan mencoba merekomendasikan warna-warna rambut yang sekiranya cocok di kulit sawo matang.

  • Auburn brown atau warna cokelat yang memberi tampilan natural

Nggak semua orang punya percaya diri yang tinggi setelah memutuskan untuk mewarnai rambutnya. Kalau teman teman termasuk dalam kategori ini, maka warna rambut yang bisa dijadikan referensi adalah auburn brown atau perpaduan antara warna cokelat dan merah. Kombinasi warna ini akan menciptakan tampilan rambut yang terkesan natural dan tidak berlebihan. Bahkan apa pun outfit yang dikenakan atau makeup yang diaplikasikan, auburn brown never goes wrong.

  • Copper untuk mempertegas keeksotisan kulitmu

Orang-orang berkulit sawo matang identik dengan sisi yang eksotis. Pertegas karaktermu dengan memilih warna magenta dan copper untuk rambutmu. Dengan nuansa merah, cokelat, dan oranye, teman teman akan terlihat lebih cerah dan segar. Karena copper memiliki berbagai tingkatan, teman teman harus tahu terlebih dulu shade seperti apa yang diinginkan.

  • Hitam pekat yang selalu jadi opsi terbaik

Kalau teman teman belum ingin bereksperimen dengan bermacam-macam warna yang ada, pilihlah shade hitam pekat yang sama sekali tidak akan membuat kulit menjadi kusam. Namun, shade ini sedikit tricky, terutama bagi mereka yang berkulit gelap. Lakukanlah patch test lebih dulu dengan memilih warna yang setingkat atau dua tingkat lebih terang atau gelap dari warna asli kulitmu.

  • Caramel untuk rambut yang lebih berdimensi

Warna pirang memang belum tentu cocok dengan kulit sawo matang. Namun, bukan berarti teman teman tidak bisa mengakalinya. Pilihlah shade caramel yang merupakan kombinasi antara warna pirang dan cokelat gelap. Shade ini akan membuat rambut terlihat lebih bervolume dan berdimensi, terlebih lagi kalau rambutmu ikal atau bergelombang. Selain itu, rambutmu akan memiliki sentuhan keemasan yang natural dan elegan.

  • ombre burgundy untuk teman teman yang ingin tampil beda

Ombre adalah teknik pewarnaan yang mempertegas rambut bagian bawah dengan shade yang lebih terang sehingga muncul tampilan gradasi. Umumnya rambut bagian atas tetap berwarna hitam atau diwarnai dengan shade yang lebih gelap dari bagian bawah. Nah, bagi pemilik kulit sawo matang yang sesekali ingin melakukan teknik ombre, penggabungan shade burgundy dan hitam bisa jadi solusi yang sayang banget kalau nggak dilakukan. Biarkan rambut atas tetap hitam atau diberi warna cokelat, sedangkan bagian bawahnya diberi warna burgundy.

  • Ternyata warna pastel juga bisa diterapkan di kulit sawo matang

Nggak sedikit orang-orang berkulit sawo matang yang minder atau kurang percaya diri jika mewarnai rambutnya dengan shade pastel. Hal tersebut tak lepas dari beberapa pendapat yang mengatakan bahwa orang-orang berkulit cokelat akan terlihat lebih kusam kalau warna rambutmu ada corak pastel. Namun, kalau belum dicoba, tidak akan ada yang tahu, kan? Sesekali bereksperimenlah dengan warna pastel, seperti lavender atau soft pink yang surprisingly sesuai dengan skin tonemu.