by

Ini Dia Tips Memilih Sepatu Olahraga yang Tepat

Melakukan aktivitas seperti berolahraga tentu Kamu wajib memiliki perlengkapan dan peralatan untuk menunjang aktivitas tersebut. Sepatu olahraga adalah salah satu hal yang sangat penting. Sekarang ini banyak varian sepatu olahraga yang tentunya dibedakan berdasarkan jenis dan fungsinya. Sepatu olahraga ini menawarkan macam macam pilihan yang di mulai dari brand, harga dan kegunaannya.

Tidak hanya sebagai alas kaki atau melindungi kaki kamu dari benda tajam saja, akan tetapi kegunaan yang penting ialah bisa menghindari kaki kamu dari cedera yang pastinya membuat aktivitas olahraga menjadi lebih sangat nyaman. Dalam melakukan aktivitas berolahraga, kaki Kamu akan bekerja 2-3 kali lipat dari biasanya dan membutuhkan sepatu yang mendukung agar tetap merasa nyaman.

Salah satu contoh adalah sepatu lari atau biasa disebut running shoes. Sepatu lari ini biasanya memiliki bahan yang lebih lentur dan fleksibel dari jenis sepatu puma dan sepatu olahraga lainnya, karena dengan berlari telapak kaki bagian bawah akan menekuk dan menghentak lebih keras serta cepat sehingga sepatu yang lentur tetap membuat kaki lebih nyaman. Bahan bagian bawah atau yang biasa kita sebut sol sepatu ini memiliki beberapa fitur utama seperti fleksibelitas, daya cengkeram, dan yang penting adalah beratnya.

Beberapa tips yang perlu diperhatikan dalam memilih sepatu olahraga yang paling utama yaitu jenis olahraga apa yang akan dilakukan, jadi pilihlah sepatu yang sesuai dengan hobi Kamu. Kedua adalah bahan dan beratnya. Sampai saat ini banyak sekali sepatu olahraga yang menawarkan berbagai macam kelebihan seperti berat yang sangat ringan dan fleksibilitas sehingga membuat aktivitas kamu menjadi sangat nyaman.

Setelah Kamu menentukan jenis olahraga dan ingin membeli sepatu olahraga hal yang perlu diperhatikan selanjutnya yaitu mencoba sepatu yang hendak dipilih, apakah nyaman saat digunakan, apakah terasa terlalu sempit sehingga membuat kaki Kamu menjadi tidak nyaman. Untuk itu, mencoba sepatu sambil berjalan sedikit sangatlah penting dilakukan untuk mengetahui tingkat kenyamanannya, sehingga membuat aktivitas olahraga Kamu menjadi lebih nyaman dan terhindar dari yang namanya cedera. Berikut ini sepatu olahraga yang paling umum digunakan

Sepatu lari

Sepatu lari ini jenis ini sangat fleksibel yang dapat mendukung kaki untuk menekuk setiap kali yang memakainya melangkah. Namun, sepatu jenis ini tidak cocok jika digunakan untuk olahraga jenis lain. Misalnya untuk tenis yang membutuhkan gerakan ke samping.

Sepatu aerobik

Untuk olahraga ini, sepatu yang digunakan harus fleksibel, mampu menopang dan menjadi bantalan yang meredam, sekaligus meminimalisasi benturan pada kaki.

Sepatu untuk berjalan

Berjalan merupakan salah satu bentuk olah tubuh yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Dengan olahraga berjalan ini sangat memerlukan sepatu yang pada saat digunakan mengurangi rasa nyeri pada tumit dan mata kaki. Selanjutnya sepatu olahraga yang sangat ringan, akan tetapi akan mampu meredam benturan pada bagian tumit kaki. Sepatu lari ini untuk berjalan sebaiknya lebih kaku di bagian depan agar jari kaki lebih nyaman.

Sepatu tenis dan squash

Pada aktivitas olahraga yang menggunakan raket, Kamu disarankan menggunakan sepatu olahraga khusus yang dapat mendukung gerakan ke samping. Dengan itu, sepatu ini biasanya akan lebih kaku dan berat dibandingkan sepatu lari.

Sepatu basket dan olahraga sejenisnya

Agar bisa mendapatkan manfaat sepenuhnya dari fungsu sepatu olahraga di setiap permainan di lapangan terbuka atau tertutup, contohnya pada olahraga basket atau yang lainnya, akan diperlukan sepatu dengan kombinasi fleksibilitas yang langsung mendukung gerakan ke samping atau gerakan lainnya.

News Feed