Saat popularitas software yang asli naik, hampir dipastikan muncul pula bajakannya. Ketika mau buka jasa pembuatan logo, sebaiknya gunakan software yang asli. Sebab, ada nilai keberkahan di sana yang bisa membuat pengerjaan job-job Anda lancar. Selain itu, kenapa penggunaan software bajakan harus dihindari? Berikut alasannya.

Tak Ada Jaminan Keamanan

Software bajakan itu secara tampilan memang mirip atau serupa dengan yang asli. Begitu pula dengan fungsi utamanya. Cuma, namanya bajakan pasti tidak mengharuskan penggunanya untuk membeli lisensi. Kalau pun open source, software bajakan ini ditempatkan di website lain. Jelas, versi bajakannya tidak bisa dipertanggung-jawabkan.

Seringkali Tidak Ada Opsi Hapus

Setiap pengembang software bajakan tahu betul apa yang ia inginkan. Ada yang bikin software bajakan untuk mengakses data-data pribadi pengguna dari dalam. Mulai dari password, nomor telepon, alamat rumah, daftar website yang dikelola, dan lain-lain. Satu hal yang paling menjengkelkan adalah jenis software ini tidak bisa atau susah dihapus oleh pengguna.

Bisa Bikin Data Berharga Lenyap Tanpa Jejak

Bagi pengguna software yang tidak tahu seluk-beluk dunia programmer pasti kesulitan saat melacak data-data penting yang tiba-tiba hilang. Peretasan data tersebut bisa dikarenakan virus yang tertanam pada software tersebut. Ironisnya, virus itu bisa diciptakan, tapi sulit dimusnahkan atau dibekukan. Hati-hati ya saat terbersit keinginan mau pakai.

Malware Sewaktu-waktu Mengancam

Sejak awal, kehadiran malware memang difungsikan sebagai penyakit untuk sebuah komputer. Saat berhasil melakukan penetrasi, daya destruktifnya akan menyebar sangat cepat dan akurat. Bukan hanya data-data yang terancam. Akan tetapi, sistem komputer Anda juga bisa merasakan dampaknya. Terutama jika sistem operasi komputer Anda tidak dibentengi oleh anti malware.

Ketika sedang memasang suatu perangkat lunak, pada software asli hampir selalu meminta persetujuan lebih dahulu. Sedangkan untuk software bajakan bisa aktif dalam waktu singkat tanpa persetujuan. Ironisnya, hampir 100% perangkat lunak yang sudah terpasang di komputer milik pengguna asal Indonesia itu mengandung malware.

Apakah Software Bajakan Itu Penuh dengan Kecacatan?

Benar. Hanya saja tidak tampak secara gamblang. Selama ini, seorang desainer logo hanya fokus pada cara-cara mendesain dengan baik. Begitu sudah mahir, langsung buka jasa pembuatan logo tanpa menyelidiki legalitas software yang digunakan. Sayang jika data yang dikirimkan ke klien mengandung virus atau malware.

Padahal, data hasil desain Anda merupakan aset berharga yang bisa difungsikan untuk jangka panjang. Misal untuk menarik klien baru yang lebih potensial. Kecacatan yang paling sering terjadi itu muncul semacam eror dan bisa menimbulkan kerusakan pada komputer Anda. Saat suatu komputer sudah tertanam lama oleh software bajakan ini, sulit untuk mereparasinya.

Tak Punya Kesempatan untuk Update

Sebagai penyedia software asli, hampir setiap kali ada fitur baru, langsung meluncurkan versi update-an. Cara ini sangat efektif untuk menjaring mana saja software bajakan yang digunakan. Para desainer yang menggunakan software seperti Adobe Illustrator atau Adobe Photoshop sangat memahami hal ini.

Adanya update untuk software yang Anda gunakan tentu sangat menguntungkan dari segi bisnis. Sebab, fitur yang semakin lengkap bisa memberikan hasil desain memuaskan untuk klien Anda. Bayangkan jika ada 100 saja klien yang terpuaskan. Berapa estimasi pekerjaan Anda tetap awet untuk dijalankan? Itu belum termasuk saat ada klien baru yang terpuaskan pula.

Intinya, sebelum membuka jasa pembuatan logo, cek kembali keaslian software milik Anda. Sayang jika sudah beli komputer dengan spesifikasi kelas atas, tapi sederet software yang digunakan adalah hasil bajakan. Bukan hanya bikin komputer Anda tidak awet. Bisa jadi, kredibilitas Anda sebagai desainer juga terganggu karena menghasilkan desain yang bermasalah.