Hindari Keuangan Berantakan dengan Lakukan Simulasi Kredit Rumah Sebelum Pengajuan

Gaya Hidup27 views

Membeli rumah dengan cara kredit memang sudah menjadi tren dikalangan masyarakat Indonesia sampai dengan saat ini. Mengingat harga rumah yang semakin mahal perlu untuk lebih siap dalam segala hal kedepan, jika tidak ingin lebih mahal bisa dengan beli sekarang tapi melalui angsuran. Namun bagi Anda yang ingin melakukan KPR, tentu saja tidak bisa sembarangan. Banyak hal yang harus dilakukan terutama melakukan simulasi kredit rumah terlebih dahulu untuk menghindari masalah keuangan kedepan.

KPR rumah itu tidak sama dengan kredit beberapa barang lainnya, apalagi mengenai waktu yang diperlukan. Harga yang mahal membuat rumah bisa dibayar dengan angsuran yang cukup panjang bahkan puluhan tahun. Jika itu tidak diperhatikan, disiapkan, dipikirkan, dimantapkan dalam segi financial pasti akan membuat berantakan. Dari hal itulah yang selanjutnya muncul simulasi KPR dari beberapa bank di Indonesia. Lalu, apa sebenarnya simulasi KPR tersebut?

Simulasi KPR merupakan gambaran beberapa cicilan yang akan Anda bayarkan selama proses kredit itu berlangsung. Bisa dikatakan sebuah kalkulasi yang memberikan prediksi mengenai kisaran angka yang harusnya dibayarkan. Saat ini sudah ada banyak sistem perhitungan yang dapat memberikan kemudahan untuk calon pengajuan pinjaman. Baik dari situs online ataupun dari aplikasi yang banyak ditawarkan saat ini. Meskipun masing-masing memiliki isian yang berbeda namun secara umum skema yang digunakan sama, jadi Anda akan lebih mudah menggunakannya.

Mungkin beberapa orang masih berfikir, kenapa harus menggunakan simulasi dalam pengajuan kredit? Tentu hal itu terkait dengan beberapa hal utama, seperti besaran dana yang harus dibayarkan apakah sudah sesuai dengan penghasilan, apakah terlalu memberatkan, apakah terlalu lama, dan lain sebagainya. Supaya lebih jelas, berikut ini ada beberapa keuntungan menggunakan simulasi sebelum pengajuan KPR antara lain:

  • Memberikan gambaran.

Yang pertama sudah jelas akan memberikan gambaran seperti apa saja, mulai dari besaran pokok pinjaman, besaran uang yang harus dibayarkan, sampai dengan waktu yang akan diambil selama proses kredit berjalan.

  • Mempertimbangkan dengan penghasilan.

Selanjutnya dengan melakukan simulasi kredit rumah diawal Anda bisa lebih jelas mempertimbangkan kembali. Apakah besaran yang sudah dikisarkan dalam perhitungan sesuai kemampuan, terlalu berat atau terlalu ringan.

  • Menentukan yang tepat.

Keuntungan selanjutnya adalah memberikan kemudahan Anda dalam menentukan mana kredit yang paling tepat untuk digunakan. Misalnya saja pada bank satu tidak sesuai dengan pendapatan lalu bank lainnya sesuai, ini menjadi salah satu pendorong.

  • Menghindari kesalahan fatal.

Lamanya waktu kredit bahkan sampai dengan puluhan tahun membuat Anda perlu berfikir panjang, apakah memang keuangan sudah siap atau sebaliknya. Dengan simulasi secara tidak langsung akan menghindari beberapa kesalahan fatal seperti kredit macet di jalan, keuangan yang berantakan karena tanggungan terlalu besar dan lain sebagiannya.

  • Memudahkan perhitungan.

Terakhir akan memberikan kemudahan dalam perhitungan, dengan kisaran yang didapatkan secara langsung Anda akan lebih mudah memperhitungkan. Berapa jumlah dana yang harus dibayarkan sampai dengan bunga yang harus dibayarkan hingga proses kredit berjalan lunas.

Diatas merupakan beberapa fakta dari keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan fasilitas simulasi kredit rumah diawal sebelum pengajuan. Sama seperti yang terjadi di Bank BCA, dimana banyaknya pengajuan KPR tidak serta merta langsung di ACC begitu saja. Harus melalui beberapa tahapan penting salah satunya simulasi. Dengan keuntungan yang bisa didapatkan membuat Anda lebih bijak dalam mengajukan kredit rumah dan memilih bunga atau besaran yang paling sesuai.