Setiap sistem pendingin udara kendaraan tergantung pada aliran refrigeran yang stabil untuk bersirkulasi. Refrigeran inilah yang memungkinkan AC menghasilkan udara sejuk yang keluar dari ventilasi di dashboard. Satu-satunya cara refrigeran ini dapat terus mengalir dengan benar adalah dari komponen yang disebut kompresor AC, juga dikenal sebagai kompresor AC.

Apa yang dilakukan komponen ini adalah menghasilkan tekanan yang mendorong refrigeran dan membuatnya mengalir dengan lancar. Selama kompresor AC tetap berfungsi, Anda harus memiliki aliran udara dingin yang stabil yang berasal dari ventilasi. Maka dari itu ada harus memeriksa atau bawa ke service ac mobil terpercaya.

Kompresor AC menanggung banyak stres. Karena sistem pendingin udara mobil dihidupkan dan dimatikan terus-menerus, fluktuasi daya ini membuat banyak tekanan pada kompresor. Selama beberapa tahun tertentu, tekanan ini akan melemahkan kompresor dan akhirnya menyebabkan kegagalan fungsi.

Itu sebabnya orang yang menggunakan AC mereka secara teratur akan mengalami masalah dengan mereka lebih cepat daripada nanti. Ada beberapa tanda peringatan yang akan muncul dengan sendirinya jika kompresor AC Anda mulai rusak.

Suara Aneh

Jika Anda menyalakan AC dan ada banyak suara aneh yang dihasilkan, maka kompresor AC Anda kemungkinan mulai rusak. Kompresor bergantung pada bantalan yang disegel dan banyak komponen lain untuk berputar. Jika bantalan atau komponen internal rusak atau aus, maka akan membuat lebih sulit bagi kompresor untuk beroperasi dengan baik. Suara-suara aneh hanya akan menjadi awal dari masalah. Itu sebabnya Anda harus mengambil gejala ini sebagai indikator awal bahwa Anda perlu mengganti kompresor AC Anda.

Udara Panas

Jika Anda menghidupkan AC Anda dan Anda hanya mendapatkan udara panas yang keluar dari ventilasi, ini adalah indikator yang jelas bahwa kompresor AC Anda gagal. Jika refrigeran tidak dapat bersirkulasi melalui sistem pendingin udara karena kompresor yang buruk, maka itu tidak akan menciptakan udara dingin yang Anda inginkan. Akibatnya, Anda akan mendapat udara panas sebagai gantinya. Ini mungkin merupakan proses bertahap di mana Anda pertama kali akan merasakan udara dingin menjadi sedikit lebih hangat. Setelah beberapa saat, udara akan mencapai titik di mana itu benar-benar panas tanpa kesejukan apapun.

Apa Saja Gejala AC Mobil yang Harus Anda Ketahui?

Cairan Bocor

Kompresor AC memiliki bantalan internal sendiri yang mencegah cairan bocor saat memberi tekanan pada refrigeran. Namun, jika bantalan ini menjadi aus atau rusak, maka cairan dapat dengan mudah bocor melalui mereka. Anda perlu mengganti bantalan daripada memperbaikinya.

The Clutch is Stuck

Kompresor AC memiliki koplingnya sendiri yang terhubung ke mesin dengan katrol. Ini memungkinkan kompresor menggunakan daya engine hanya saat dibutuhkan. Jika kopling macet atau tangkap sepenuhnya, maka kopling tidak akan dapat mentransfer daya dari mesin ke kompresor. Dalam kebanyakan kasus, Anda tidak akan dapat memperbaiki kopling jika telah disita seperti ini. Satu-satunya pilihan Anda adalah mengganti semuanya.

Nah, sebelum anda menghabiskan banyak biaya hanya untuk meperbaiki ac anda. Maka saya sarankan kepada anda untuk memeriksanya dan apabila sudah seperti 4 gejala yang di atas. Maka anda harus memeriksanya atau datang langsung ke tempat atau bengkel ac mobil. Mungkin itu saja yang bisa penulis sampaikan kepada anda tentang aca mobil dan apa saja yang harsu anda ketahui gejalanya.