by

Deretan Pemain Badminton Indonesia Terkenal

Berbagai ajang pertandingan badminton menjadi tayangan cabang olahraga yang paling ditunggu oleh para penggemarnya. Selain sajian pertandingan yang apik, kharisma dari para pemain badminton juga menjadi suatu hal yang banyak diberitakan.

Selain dari pemainnya yang hebat, badminton termasuk olahraga bergengsi.  Betapa tidak, mulai dari harga karpet badminton yang bisa mencapai puluhan juta dan peralatan lain yang memerlukan biaya tidak sedikit sebagai pendukung para pemainnya.

Indonesia sendiri tercatat sebagai negara yang mempunyai atlet badminton dengan kemampuan luar biasa. Hal ini dikuatkan dengan beberapa nama pemainnya yang terkenal sampai ke mancanegara.

Pemain Badminton Indonesia Terbaik dan Terkenal

Indonesia merupakan salah satu negara penyumbang atlet badminton dengan jumlah yang tidak sedikit berasal dari berbagai daerah. Saat ini generasi muda penerus badminton terus mencatatkan prestasi mereka di berbagai ajang kejuaraan dunia.

Sebagian pemain senior memang telah pensiun, namun masih banyak andil dalam dunia perbulutangkisan nasional. Ada beberapa nama atlet pemain badminton asal Indonesia dari generasi ke generasi yang sudah populer di dunia, baik putra maupun putri seperti yang dijelaskan berikut:

1. Rudy Hartono

Merupakan salah satu pemain badminton Indonesia yang telah dikenal di dunia dengan perolehan medali dari berbagai pertandingan. Rudy Hartono banyak mendapatkan medali di antaranya 8 kali juara All England, 4 kali Thomas Cup, dan juara Olimpiade Munich dari berbagai partai badminton.

2. Liem Swie King

Memulai karir sejak tahun 70-an pemain satu ini baru mengakhiri masanya di tahun 80-an dengan peraihan juara dan telah dikenal dunia. Pernah menjuarai All England 3 kali, Asian Games 1978, sampai dengan piala Thomas Cup.

3. Susy Susanti

Bermain sebagai tunggal putri Indonesia, Susy Susanti telah mencatatkan namanya sebagai pemain terkenal dengan banyak prestasi. Pernah menjuarai Olimpiade Barcelona 92, dan juga menjadi juara All England sebanyak 4 kali.

Setelah menikah dengan rekan seprofesinya yaitu Alan Budi Kusuma, Susy Susanti kerap tampil dan ikut andil dalam berbagai penyelenggaraan badminton dunia. Bahkan tak jarang dirinya tampil di layar kaca sebagai komentator yang memiliki segudang pengalaman.

4. Maria Kristin

Mendapatkan julukan sebagai “Queen of Rubber Game” untuk pemain badminton tunggal putri asal Tuban yang juga terkenal. Pernah membawa pulang medali perunggu Olimpiade Beijing dan beberapa kejuaraan dari tournament BWF hingga mengakhiri karirnya karena cedera yang dialami.

5. Liliyana Natsir

Juga merupakan pemain badminton yang terkenal dan dulunya berpasangan dengan Nova Widianto dan Tantowi Ahmad. Memulai debutnya sejak berusia 9 tahun dengan berbagai peraihan medali emas dari ajang bergengsi dunia hingga mengakhiri perjuangannya di tahun 2019 lalu.

6. Mia Audina Tjiptawan

Bergabung dengan Pelatnas PBSI dari usia 14 tahun dan mengikuti pertandingan Uber Cup yang diselenggarakan pada tahun 1994. Sempat bermain dengan membawa nama dua negara yakni Indonesia dan Belanda hingga pensiun dan menetap di Belanda.

7. Vita Marissa

Pernah menjuarai pertandingan badminton di berbagai sektor, pemain yang satu ini juga punya nama di mancanegara. Berbagai peraihan medali kejuaraan telah disabetnya dan memutuskan untuk pensiun di tahun 2015 lalu.

8. Hendra Setiawan

Dulunya pernah berpasangan dengan rekannya yakni Markis Kido dan sempat mengukir prestasi di berbagai pertandingan. Masih bermain hingga saat ini sebagai partner dari Mohammad Ahsan di sektor ganda putra membuatnya dikenal oleh dunia.

Sudah berkarir selama 20 tahun dengan pencapaian prestasi yang tidak sedikit antara lain Olimpiade Beijing 2008 dan juara dunia tahun 2019 yang lewat. Bersama pasangannya saat ini Hendra Setiawan mendapatkan julukan “The Daddies”.

9.     Taufik Hidayat

Meskipun sekarang telah pensiun, namun nama Taufik Hidayat juga sangat terkenal sebagai pemain badminton sektor tunggal putra Indonesia. Pernah masuk dalam jajaran yang disebut dengan “Fantastic Four” dengan karir yang melejit.

Berbagai gelar juara berhasil dibawanya pulang mulai dari kejuaraan Open, Olimpiade Athena 2004, sampai menjadi juara dunia badminton. Selain sosoknya yang dikenal tampan pemain ini juga memiliki kemampuan bermain luar biasa hebat.

Sebenarnya masih banyak lagi nama pemain badminton asal Indonesia yang telah populer di mata dunia dengan berbagai prestasi yang dimiliki. Sampai saat ini pun dunia badminton masih diramaikan oleh pemain nasional kita dalam berbagai ajang pertandingan kelas dunia.

News Feed