by

Cara Menambah RAM Menggunakan Flashdisk

Ketika menggunakan PC atau laptop, sering sekali kita membuka banyak aplikasi dalam waktu  bersamaan. Dimana, hal tersebut umum dan banyak orang yang melakukannya. Seperti, mengetik pada Microsoft word sambil mendengarkan musik dengan aplikasi didalam Laptop hingga menggunakan google chrome untuk membuka beberapa situs yang kalian dibutuhkan.

Perlu diketahui, membuka banyak sekali aplikasi membuat laptop menjadi lelah meskipun terlihat baik-baik saja. Apa lagi jika kalian terus membuka tab-tab baru di google. Selain lemot ketika memberikan respon, hingga laptop berhenti sendiri dan menampilkan bluescreen. Penyebabnya sangat beragam, kasus utama biasanya pada RAM yang penuh. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Tak perlu cemas, seperti yang telah diulas oleh Valetic.id tentang cara menambah RAM menggunakan Flashdisk Agar laptop tidak lemot yang bisa kalian terapkan dibawah ini.

Cara Menambah RAM Menggunakan Flashdisk Agar Laptop Tidak Lemot

Solusi pertama, untuk bisa kalian coba adalah dengan menggunakan fitur Readyboost. Adapun syarat-syarat untuk bisa menggunakan readyboost adalah falshdisk minimal 256 MB (Flashdisk harus kencang minimal 2,5 MB/detik) dan komputer dengan hardisk dengan speed yang rendah saja dan pastikan jika RAM menggunakan ukuran yang terbatas. Bukan hanya flashdisk, kalian bisa menggunakan micro SD, miniSD. Hingga SSD eksternal.

Sebaiknya silahkan simak beberapa cara yang bisa kalian coba untuk menambah RAM dengan flashdisk agar laptop tidak lelet atau nge-lag. Berikut ulasannya dibawah ini.

  1. Pertama, masukkan flashdisk ke Laptop kalian
  2. Lalu klik kanan di FD kalian, lalu pilih Properties
  3. Pilih Readyboost untuk mengaktifkan
  4. Setelah itu, klik Use this device, silahkan sesuaikan space sesuai kebutuhan kalian dan ukuran flashdisk kalian masing-masing
  5. Klik Apply, lalu pilih OK

Jika kalian masih belum mengetahui apa itu ReadyBoost, yaitu merupakan pemanfaatan space / ruang kosong pada seluruh memori jenis flash. Salah satunya flashdisk, dan bisa ntuk menyimpan file secara sementara (cache). Ketika RAM penuh, semua file dari aplikasi tidak tersimpan dalam hardisk, tapi akan menyimpannya kedalam flashdisk. Jika readyboost masih belum aktif, dan muncul tulisan This Device Cannot be Used for Readyboost. Silahkan ikuti beberapa cara dibawah ini.

  1. Silahkan buka Control Panel
  2. Lalu klik System and Security
  3. Selanjutnya, klik Administrative Tools
  4. Langkah selanjutnya, silahkan Cari Service, klik kanan dan pilih Open
  5. Cari Superfetch, lalu klik kanan dan pilih Properties
  6. Dimenu General, carilah Startup Type lalu klik Automatic
  7. Klik Apply >> Klik Start >> Klik OK
  8. Tunggu beberapa saat sampai selesai, setelah aktif kalian bisa mengulangi cara diatas

Perlu di ingat, jika ingin mencopot flashdisk dari perangkat PC atau laptop kalian, sebelum itu sebaiknya atur terlebih dahulu pengaturan sebelumnya. Begini caranya.

  1. Pertama, klik kanan pada flashdisk kalian, dan pilih Properties
  2. Silahkan pilih Readyboost
  3. Lalu pilih Do not Use this Device
  4. Klik Apply, dan terakhir klik OK

Note : Sebelum mencabut flashdisk, klik Eject terlebih dahulu.

Akhir Kata

Demikianlah ulasan yang bisa kami share kali ini tentang Cara Menambah RAM Menggunakan Flashdisk agar laptop tidak lemot atau nge-lag dengan menggunakan fitur ReadyBoost yang bisa kalian coba. Semoga apa yang kami jelaskan diartikel ini bisa bermanfaat untuk semuanya terimakasih.

News Feed