by

Cara dan Teknik Meningkatkan Warna Ikan Guppy

-Hewan-866 views

Ikan Guppy memang adalah salah satu ikan cantik yang bisa membuat mata kita hanya tertuju pada ikan tersebut. Namun, ikan ini memiliki ukuran yang mini sehingga banyak orang yang memandang sebelah mata ikan ini. Akan tetapi akhir-akhir ini ikan Guppy banyak yang mencari karean untuk di jadikan ikan hias dan sering kali di ikut sertakan dalam lomba ikan cantik.

Untuk mencerahkan warna dari ikan Guppy memang sangat penting dalam memelihara ikan tersebut. Ikan guppy yang tidak memiliki warna yang cerah atau kurang berwarna terang itu biasanya di sebabkan oleh beberapa faktor. Lagi pula jika warna ikan guppy tidak menarik dan memiliki warna yang cerah ikan ini di anggap tidak menarik dan diminati.

Ada beberapa faktor yang mengakibatkan warna ikan guppy tidak menarik dan cerah yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal merupakan sebuah faktor yang berasal dari dalam tubuh ikan itu sendiri yang sifatnya tetap atau dari pengaruh genetik. Sedangkan faktor eksternal adalah biasanya di akibatkan oleh kualitas air, cahaya, serta pakan ikan yang mengandung nutrisi dan sumber karoten yang tinggi.

Untuk mengubah warna dari ikan guppy dari faktor internal bisa dengan cara melakukan perkawian silang dengan ikan guppy yang berwarna terang, karena dari faktor initernal ini sebeanrnya sulit untuk dirubah tapi bisa di rubah hanya dengan cara perkawinan silang.

Kemudian untuk merubah warna dari ikan guppy ini pada faktor eksternal. Cara meningkatkan warna ikan guppy bisa di lakukan dengan cara sebagai berikut aga ikan guppy kamu bisa mempunyai warna yang indah nan menarik.

1. Pakan ikan yang baik untuk ikan Guppy

Dalam meningkatkan warna dari ikan guppy pakan memiliki peran yang sangat penting. Karena ikan guppy memiliki warna yang terbentuk dari pigmen dalam tubuhnya. Sehingga untuk memperoleh warna yang indah ikan guppy membutuhkan nutrisi yang mengandung pigmen dalam pakannya.

2. Kualitas Air dalam Pemeliharaan Ikan Guppy

Dalam memelihara ikan guppy kita juga harus memperhatikan kualitas air agar warna dari ikan guppy akan terlihat indah. Biasanya air yang berkualitas dalam meningkatkan kecerahan kulit ikan guppy adalah air yang memiliki pH 7,5 – 8,0, 15 – 30o dH dan 25 – 27 oC (77 – 82 o  F) dengan kualitas air seperti ini dan selalu terjaga maka warna ikan guppy akan cepat meningkat kecerahnya.

3. Mengurangi Tingkat Stres Ikan Guppy

Tingkat sensitifitas dari ikan guppy sangat tinggi, ikan ini tidak di sarankan untuk di pelihara dengan ikan-ikan yang agresif dan sangat aktif sehingga akan membuat ikan guppy menjadi stress dan tertekan.

4. Memisahkan antara Jantan dan Betina Ikan Guppy

Dalam ikan guppy jantan bisa membuat betina stres yang biasanya selalu mengejar-ngejar si betina untuk melakukan masa kawin. Pada masa ini pejantan akan semakin agresif dan aktif saat musim kawin.

5. Tambahkan Garam Pada Air

Menambahkan garam pada akuarium yang berisi air dan di huni ikan guppy, sangat di rekomendasikan oleh mereka yang sudah ahli dalam pemeliharaan ikan guppy. Fungsi dari garam ini sendiri adalah untuk mengurangi toksisitas dari zat nitrat da zat nitrit. Dan fungsi lainnya adalah sebagai pembuh parasit dalam air tawar yang akan menginfeksi ikan guppy

Mungkin itu saja teknik dan cara meningkatkan warna ikan guppy yang bisa saya sampaikan. Jika ada kekurangan dalam artikel di atas mohon maklumi saja. Semoga informasi di atas dapat membantu kamu dan cepat meningkatkan warna dari ikan guppy. Baca informasi tentang ikan lainnya disini https://zonahewan.com.