Perjalanan menggunakan kereta api terbilang cukup populer belakangan ini, terkhusus di kalangan pecinta traveling dan liburan bersama keluarga tercinta. Fasilitas yang memadai, harga terjangkau, bebas kemacetan dan destinasi wisata yang beragam menjadi sejumlah alasan utama mengapa banyak masyarakat yang memilih moda transportasi kuda besi ini. Kini kegiatan menempuh perjalanan semakin mudah menggunakan layanan pemesanan tiket kereta api di Traveloka. Agar perjalanan menggunakan kereta api terasa semakin menyenangkan, maka Anda wajib memperhatikan beberapa hal penting berikut!

Bawa Tisu Basah, Tisu Kering dan Hand Sanitizer

Tisu basah, tisu kering dan hand sanitizer merupakan tiga benda wajib yang harus selalu Anda bawa saat melakukan perjalanan menggunakan kereta api. Ketiga benda ini sangat berguna untuk membersihkan tangan Anda sehingga selalu terlindungi dari berbagai kuman. Ingat, tujuan utama Anda ialah menuju destinasi tujuan untuk menghabiskan waktu secara menyenangkan, jadi jangan sampai jatuh sakit ya. Sudah memesan tiket melalui situs resmi https://www.traveloka.com/id-id/kereta-api, maka persiapan penting lain tentu saja fisik yang prima.

Bantal Leher Plus Selimut 

Persiapan berikutnya yang tidak boleh dilupakan ialah bantal leher plus selimut. Layaknya melakukan perjalanan menggunakan transportasi lain, tentu saja akan membutuhkan waktu untuk mencapai lokasi tujuan. Hal ini menuntut Anda untuk mendapatkan kenyamanan selama perjalanan dengan beristirahat. Maka dari itu, Anda bisa membawa bantal leher plus selimut. Mungkin semua kereta api telah menyediakan bantal dan selimut gratis atau berbayar, namun akan jauh lebih nyaman jika Anda membawanya sendiri dari rumah. Selain lebih leluasa, membawa bantal dan selimut sendiri juga membantu Anda menghemat biaya lho.

Bawa Sedikit Bekal Perjalanan

Baik perjalanan menengah maupun perjalanan jauh biasanya akan membuat Anda merasa cukup bosan saat di dalam kereta api. Rasa bosan akan membangkitkan rasa lapar dan haus, tentu saja Anda harus mempersiapkan kondisi ini sedari awal. Anda bisa mengakalinya dengan membawa makanan dan minuman dari rumah untuk kemudian dijadikan cemilan saat dalam perjalanan menggunakan kereta api. Mungkin semua stasiun juga menjual berbagai jenis makanan dan minuman, namun jauh lebih menguntungkan jika Anda membawanya dari rumah. Mengapa demikian? Membawa bekal akan membantu Anda menghemat, Anda juga bisa menyesuaikan menu makanan sesuai selera dan lainnya.

Pilih Tempat Duduk Dekat Jendela

Menghabiskan waktu perjalanan hingga berjam-jam akan membuat Anda mati kebosanan. Belum lagi untuk Anda yang belum terbiasa melakukan perjalanan menggunakan kereta api, pasti rasa mual dan gerah akan terasa luar biasa. Namun tidak perlu khawatir karena masih ada alternatif lain yang bisa Anda coba lho, yaitu dengan memilih tempat duduk dekat jendela. Bangku di pinggir  jendela bisa menjadi pilihan tepat sehingga Anda bisa menikmati pemandangan indah untuk membunuh rasa bosan. Menariknya lagi, untuk Anda yang merasa mual juga akan merasa lebih lega dengan menikmati pesona di sekitar. Memilih bangku perjalanan menggunakan kereta api juga bisa dilakukan dengan mudah, yaitu dengan memesan tiket melalui Traveloka. Tanpa biaya tambahan, Anda bebas memilih sendiri bangku yang diinginkan.

Tandai Barang Bawaan

Saat melakukan perjalanan ke suatu tempat, biasanya Anda akan membawa barang bawaan dalam jumlah yang tidak sedikit dan fakta ini merupakan hal yang wajar. Hanya saja, stasiun kereta api biasanya tidak menyediakan fasilitas penanda barang bawaan sehingga Anda harus bisa melakukannya sendiri. Pastikan Anda telah menandai semua barang bawaan dengan stiker, tulisan, tali tambahan atau apapun yang bisa membuat Anda mengenali barang bawaan sendiri. Kereta api akan berhenti di beberapa stasiun dan cukup sulit untuk terus menjaga barang bawaan saat kereta berhenti dan sebagian penumpang turun. Beberapa barang bawaan yang rentan tertukar ialah koper, tas dan kardus yang bentuknya sama. Maka dari itu, Anda bisa memberikan stiker agar penumpang lain mengetahui yang mana barang mereka dan yang mana milik Anda.

Demikianlah beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan jika berencana melakukan perjalanan menggunakan kereta api. Semoga ulasan di atas bermanfaat dan perjalanan Anda menghasilkan pengalaman yang menyenangkan ya!