by

Apa Manfaat dari Melakukan Promosi bagi Bisnis Online?

Hanya ada satu cara untuk mengenalkan produk barang maupun jasa kepada calon konsumen, yaitu dengan cara promosi. Sebelumnya, kegiatan promosi hanya bisa dilakukan melalui media televisi, radio, baliho atau koran. Dengan kemajuan teknologi digital saat ini, promosi dapat dilakukan secara online melalui sosial media atau website.

Tujuan dari promosi tidak hanya untuk mengenalkan sebuah produk atau menarik perhatian konsumen . Dengan melakukan promosi, anda juga bisa dapat menjalin hubungan lebih dekat dengan mereka. Namun tujuan utama dari pemasaran tersebut adalah untuk meningkatkan penjualan agar mendapat keuntungan yang lebih besar.

Hampir semua orang menggunakan internet untuk aktivitas sehari-hari, bisa sebagai hiburan, mencari informasi atau main game. Itulah kesempatan anda melakukan promosi besar-besaran untuk membangun brand bisnis online. Seperti yang kita ketahui bahwa trend bisnis online semakin meningkat seiring dengan kemajuan teknologi digital.

Jika dibandingkan dengan promosi melaui televisi, radio atau koran, promosi dengan cara online lebih memiliki banyak keuntungan. Dibawah ini adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan ketika melakukan promosi bagi bisnis online.

1. Lebih Cepat Mendapat Perhatian

Manfaat yang pertama adalah mampu menarik perhatian konsumen dengan cepat. Jika anda pernah mendengar istilah “the power of media social”, itulah yang akan terjadi jika anda melakukan promosi disana. Tentu saja untuk mendapatkan perhatian dengan cepat itu, anda harus membuat content marketing yang unik sehingga dapat menarik perhatian pengguna sosial media. Semakin menarik konten yang anda buat, kemungkinan besar juga akan cepat viral.

2. Menjalin Hubungan Dengan Konsumen

Anda tentu tidak ingin hanya mengenalkan produk, kemudian di gunakan oleh konsumen. Target utama adalah konsumen tersebut menjadi pelanggan tetap. Mengingat tidak hanya anda yang berusaha memasarkan produk. Ada banyak pesaing diluar sana yang siap merebut konsumen. Maka dari itu diperlukan jalinan hubungan yang lebih dekat antara anda dan konsumen. Hal itu bisa dilakukan dengan memberikan kontak media sosial kepada mereka ketika melakukan promosi.

3. Tepat Sasaran

Dalam melakukan promosi bisnis online, ada banyak media yang bisa digunakan. Salah satunya adalah Facebook Ads dengan fitur filter yang bisa digunakan untuk memilih target konsumen. Produk jenis apa yang anda tawarkan? Siapa saja yang dapat menggunakan produk tersebut? Daerah mana yang menurut anda sangat berpotensi? Semua bisa dilakukan dengan promosi online.

4. Membangun Brand Awareness

Membangun brand sangat penting untuk langkah promosi bisnis online. Untuk membangun Brand Awareness memang susah-susah gampang. Namun jika promosi dilakukan dengan konsisten dan konten yang mengesankan, kemungkinan besar brand tersebut akan terbentuk sendiri. Anda bisa coba membangun brand awareness dengan mengirimkan SMS massal. Carilah provider SMS gateway yang murah di Indonesia, banyak pilihannya.

5. Lebih Hemat

Berapa juta rupiah biaya yang harus dikeluarkan untuk mempromosikan barang melalui televisi? Sekali tayang dengan durasi 30 detik saja, anda harus mengeluarkan uang jutaan rupiah. Jika uang tersebut digunakan untuk promosi melalui internet, kami yakin anda sudah mendapatkan Brand Awareness.

6. Jangkauan yang Luas

Jika media televisi mempunyai jangkauan lokal atau nasional saja, promosi bisnis online dapat memungkinkan untuk menjangkau hampir di seluruh dunia. Hal ini tentu saja menjadi manfaat yang besar. Bagaimana tidak, hanya membutuhkan modal promosi yang murah, namun jangkauannya di seluruh dunia.

Kegiatan promosi memang sangat penting, bahkan merupakan langkah awal untuk membuat bisnis semakin berkembang. Namun anda harus menggunakan langkah yang tepat dengan membuat konten yang bermanfaat dan unik.

News Feed