Sakit kepala nyatanya terdengar sebagai masalah kesehatan yang sepele dan juga bisa terjadi pada siapa saja, namun nyatanya kondisi semacam ini memang sangatlah menganggu. Bahkan menyebabkan aktivitas Anda nantinya juga terganggu. Penyebabnya sendiri juga sangat beragam, ada yang dipicu oleh tekanan darah tinggi, masalah-masalah ringan seperti kecapean ataupun juga kondisi yang cukup membahayakan seperti diantaranya adalah tumor, untuk itu dalam penanganannya sendiri juga tidak boleh asal di dalam mengkonsumsi obat sakit kepala.

Jika Anda mengenai kondisi semacam ini memang dianjurkan untuk segera beristirahat, karena hal ini secara efektif dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan sakit kepala tersebut. Hanya saja jika seandainya dengan istirahat saja belum cukup. Maka tidak perlu khawatir karena banyak diantara alternatif pengobatan lainnya yang bisa Anda gunakan, seperti memanfaatkan bahan-bahan alami.

Sebenarnya pengobatan secara herbal ini jauh lebih dianjurkan dibandingkan dengan menggunakan obat-obatan oral, karena tidak menyebabkan efek ketergantungan. Berikut ini diantaranya beberapa bahan alami yang bisa Anda gunakan sebagai obat untuk sakit kepala yang efektif, yaitu:

  1. Makanan yang mengandung magnesium, ada beberapa jenis makanan yang mengandung magnesium tinggi, seperti diantaranya adalah sayuran hijau, kacang-kacangan, biji-bijian dan juga olahan susu. Faktanya memang dengan mengonsumsi magnesium setidaknya adalah dalam jumlah 200 hingga 600 mg mampu mencegah terjadinya sakit kepala, juga mengobati sakit kepala yang terkadang datang kambuhan.
  2. Minum air putih secara cukup, memang ada banyak sekali faktor yang bisa menyebabkan Anda mengalami sakit kepala, salah satu diantaranya adalah dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. Lalu bagaimana cara untuk mengatasinya? Sudah pasti dengan mencukupi kebutuhan cairan tubuh yang kurang tersebut, yaitu memperbanyak asupan minuman atau air putih. Pastikan paling tidak tubuh mendapatkan 2 liter air putih setiap harinya.
  3. Kopi, kandungan kafein yang ada dalam kopi ini bagi sebagian orang akan memberikan efek yang menenangkan bagi tubuh, apalagi bagi yang sudah kecanduan, biasanya tidak minum kopi akan membuatnya mengalami sakit kepala, tentunya solusi untuk penyembuhannya adalah dengan minum kopi tersebut, namun usahakan dalam jumlah yang masih wajar, sehingga aman untuk tubuh Anda.
  4. Es batu, alternatif lainnya yang dapat dicoba untuk redakan masalah sakit kepala tersebut yaitu menggunakan es batu, cukup mudah yaitu tempatkan pada titik syaraf yang terasa sakit. Suhu es batu yang dingin tersebut nantinya akan sedikit meredakan atau membuat syaraf yang tegang tersebut menjadi lebih rileks.
  5. Jahe, rimpang yang satu ini memang sudah sejak lama dikenal kaya akan khasiat untuk kesehatan. Karena di dalamnya terdapat kandungan gingerol yang berfungsi untuk memperlancar aliran darah, jadi bagi orang yang sakit kepala sekalipun juga bisa diredakan dengan mengkonsumsi olahan jahe ini, seperti dengan dibuat wedang hangat.
  6. Kentang, kandungan kalium yang terdapat di dalam umbi-umbian yang satu ini mampu untuk meredakan rasa sakit, termasuk diantaranya adalah bagi mereka yang mengalami sakit kepala, namun sebaiknya diolah dengan cara merebusnya, bukan digoreng.

Selain dengan menggunakan bahan-bahan alami di atas, pastikan juga menyertakan istirahat atau tidur agar mempercepat pemulihan. Jika tidak kunjung sembuh maka bisa langsung menghubungi dokter, nantinya mereka akan meresepkan obat sakit kepala yang sesuai dengan kondisi Anda, sehingga hasilnya juga lebih efektif. Karena bisa jadi pemicu sakit kepala tersebut adalah kondisi yang cukup serius.